Pemprov bantu Muratara sebesar Rp10 miliar

id pemprov, pemprov sumsel

Pemprov bantu Muratara sebesar Rp10 miliar

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Selatan Laonma PL Tobing (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan hanya menganggarkan bantuan untuk Kabupaten Musirawas Utara pada tahun 2015 sebesar Rp10 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Selatan Laonma PL Tobing menyampaikan hal itu ketika ditanya bantuan anggaran untuk Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) dan Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI) di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sesuai dengan ketentuan untuk daerah pemekaran itu dibantu sebesar Rp10 miliar setiap tahun selama dua tahun anggaran.

Khusus Kabupaten Pali pada tahun lalu bantuan untuk daerah itu sudah disalurkan sebesar Rp10 miliar dan pada APBD perubahan 2014 ini dianggarkan sebesar Rp10 miliar, katanya.

Ia mengatakan, sementara untuk Muratara bantuannya pada APBD perubahan Sumsel 2014 sebesar Rp10 miliar dan sebesar Rp10 miliar lagi dianggarkan pada APBD provinsi tahun 2015.

Jadi, di APBD Sumsel tahun 2015 yang dibantu hanya Kabupaten Muratara saja, jelasnya.

Sementara mengenai apakah anggaran itu untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah di kabupaten tersebut, ia menuturkan, bantuan yang diberikan bersifat umum dan kewajiban provinsi membantu daerah pemekaran sebesar Rp10 miliar setiap tahun selama dua tahun anggaran.

Ia juga menyampaikan, APBD Sumsel pada tahun 2015 diperkirakan mencapai Rp7 triliun.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPRD Sumsel, HA Rozak Amin menyatakan, di dalam APBD perubahan tahun 2014 ada bantuan keuangan kepada kabupaten dan kota di Sumsel.

Bantuan keuangan kepada kabupaten dan kota itu untuk Kabupaten Muratara dianggarkan Rp10 miliar, begitu juga Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI).

Jadi, masing-masing untuk Kabupaten Muratara dan PALI bantuan keuangannya sebesar Rp10 miliar, kata wakil rakyat tersebut.