Enam negara akan disiapkan juri MTQ internasional

id mtq, mtq internasional, pemprov sumsel, ahmad najib, enam negara akan disiapkan juri mtq internasional

Enam negara akan disiapkan juri MTQ internasional

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak utusan enam negara akan menjadi juri Musabaqah Tilawatir Quran Internasional di Palembang Provinsi Sumatera Selatan akhir 23-27 September 2014, agar kegiatan tersebut bisa didapat qori dan qoriah terbaik.

Asisten Kesra Pemprov Sumsel Ahmad Najib kepada wartawan di Palembang, Kamis, mengatakan utusan enam negara yang akan menjadi dewan juri pada penyelenggaraan MTQ Internasional tersebut, di antaranya Iran, Saudi Arabia, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Indonesia.

Sementara untuk dewan juri dari Indonesia masih belum ditentukan dan kemungkinan ditunjuk setelah dekat dengan penyelenggaraan MTQ nanti.

"Yang jelas, disiapkan utusan enam negara untuk juri MTQ Internasional tersebut supaya penilaian penyelenggaraan hafal Alquran itu semakin berkualitas," ujar dia.

Apalagi pesertanya nanti akan diikuti kari dan kariah terbaik tingkat dunia, sehingga harus berjalan dengan baik terutama hasil yang didapatkan di MTQ nanti semakin berkualitas.

Mengenai persiapan penyelenggaraan MTQ sendiri, menurut dia, saat ini mulai dipersiapkan supaya berlangsung sukses.

Persiapan yang lebih awal itu, karena kegiatan keagaamaan bertaraf internasional itu pertama kali dilaksanakan di Sumsel sehingga persiapannya harus lebih maksimal.

Dia mengatakan, begitu juga kepanitiaan daerah sudah dibentuk sehingga pelaksanaan ke depan tidak menjadi kendala lagi.

Sedangkan mengenai tempat penyelenggaraan akan dipusatkan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC).

Pihaknya menargetkan sebanyak 53 negara menjadi peserta MTQ Internasional ini, dan diharapkan masih akan bertambah terus.

Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel Richard Cahyadi mengatakan, pada penyelenggaraan MTQ Internasional tersebut akan mempertandingkan dua lomba, yaitu tilawah atau membaca Alquran dengan berirama dan hafiz (hafalan).