Ribuan siswa ikut lomba kompetisi siswa SMK

id smk, kompetisi lks

Ribuan siswa ikut lomba kompetisi siswa SMK

Peserta lomba LKS SMK se Indonesia di Palembang (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 1.085 orang siswa terbaik perwakilan SMK di 34 provinsi di Indonesia menguji kemampuannya lewat Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang dihelat di Jakabaring Sport City Palembang, 18 - 23 Agustus 2014.

Pantauan Antara, Rabu, sejak pagi para peserta sudah siap di masing-masing tenda cabang lombanya. Lomba pun dibagi menjadi beberapa bidang di antaranya perhotelan, mesin, seni, tata kecantikan, dan lainnya.

Kompetisi nasional yang digelar selama satu minggu ini dikemas secara serius dan sangat baik. Ini terlihat dari peralatan yang sesuai standar di masing-masing cabang lomba.

Para peserta yang merupakan siswa kejuruan pilihan masing-masing provinsi di Indonesia itu berupaya menunjukkan kemampuan terbaik mereka dihadapan para juri.

Seperti siswa tata rambut yang dinilai memiliki hasil kreativitas penataan rambut sangat baik dan beberapa cabang lomba lainnya.

Kepala Bidang Pendidikan Lanjutan Dirjen Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Zajili saat membuka gelaran ini, Selasa (19/8) mengemukakan bahwa kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Indonesia. Pada kegiatan ini, akan mampu melihat berbagai kemajuan dan pencapaian siswa-siswi SMK dalam menciptakan inovasi dan menjadi tenaga didik siap kerja.

Selain itu, Lomba Kompetisi Siswa (LKS) juga menjadi jembatan dalam mengenalkan SMK pada perwakilan dunia industri, katanya.

Ia berharap, kegiatan semacam ini dapat menambah daya tarik SMK bagi calon siswa dimasa yang akan datang.

Ia mengingatkan, kebutuhan akan tenaga skill siap kerja makin meningkat, sementara Indonesia akan menjadi satu dari tiga negara Asia yang akan menjadi pusat perekonomian di Asia.

Negara Indonesia membutuhkan para tenaga ahli pada berbagai bidang terutama teknik yang siap bekerja.

"Ini yang menjadi tantangan SMK kedepan, mempersiapkan tenaga kerja terampil guna siap bekerja. SMK harus menyediakan lulusan terdidik dan siap kerja," katanya.