DPRD tak bahas enam raperda inisiatif dewan

id dprd, dprd sumsel

DPRD tak bahas enam raperda inisiatif dewan

Ketua DPRD Sumsel Wasista Bambang Utoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPRD Sumatera Selatan tidak akan membahas enam rancangan peraturan daerah inisiatif dewan yang sudah dimasukkan dalam program legislasi daerah tahun 2014, karena alasan terbatasnya waktu.

"Untuk membahas enam rancangan peraturan daerah inisiatif dewan itu waktunya tidak sempat lagi sekarang ini," kata Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo ketika ditanya mengenai pembahasan enam raperda tersebut di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pada rapat badan musyawarah DPRD Sumsel mereka tidak mengagendakan untuk membahas raperda tersebut, karena waktunya sudah terlalu mepet.

Yang diagendakan hanya pembahasan anggaran tahun 2015, tetapi sebelumnya berbarengan dengan perubahan peraturan daerah mengenai tahun jamak, katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Sumsel, Yudha Rinaldi, kalau raperda inisiatif dewan itu belum dibahas, karena keterbatasan waktu, apalagi sekarang sedang pembahasan anggaran tahun 2015.

"Sekarang ini masuk pembahasan APBD 2015 yang kita kerjakan maraton," ujarnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah mengharapkan enam raperda inisiatif dewan itu dibahas oleh anggota dewan periode sekarang.

"Saya mengusulkan anggota DPRD Sumsel yang sekarang ini untuk membahas enam raperda inisiatif dewan tersebut," tuturnya.

Ia menyatakan, kalau dibahas anggota dewan yang baru, artinya menjadi pekerjaan rumah yang seharusnya dituntaskan.

Enam raperda inisiatif dewan yang akan dibahas tahun 2014 itu antara lain tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, raperda tentang pengelolaan sampah, raperda mengenai penyelenggaraan kearsipan, raperda pemberdayaan masyarakat dan mengenai kepemudaan.

Dengan waktu yang ada sekarang ini masih memungkinkan untuk membahas raperda itu asal dipararelkan dengan perda APBD bersamaan dengan perda-perda lainnya, karena pelantikan dewan baru pada 24 September 2014.

Sebagaimana diketahui pelantikan anggota DPRD Sumsel yang baru akan dilaksanakan pada 24 September 2014.