Kabupaten OKU bangun Mapolres termegah di Indonesia

id poldas, polda sumsel

Kabupaten  OKU bangun Mapolres termegah di Indonesia

Kapolda Sumsel Irjan Pol Saud Usman Nasution melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mapolres Ogan Komering Ulu yang baru di Baturaja, Selasa (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja, 19/8 (Antara) - Kabupaten Ogan Komering Ulu akan dibangun gedung Mapolres baru termegah di Indonesia yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saud Usman Nasution di Baturaja, Selasa.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution saat peletakan batu pertama pembangunan Mapolres di Baturaja, menegaskan bahwa Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU) yang dibangun merupakan gedung termegah jika dibanding Mapolres lainnya di Indonesia.

Hal ini, ditegaskan Kapolda saat acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Mapolres OKU di Kelurahan Batukuning Kecamatan Baturaja Barat.

Pembangunan gedung Mapolres baru itu, setelah sebelumnya pada 7 Maret 2013 gedung Mapolres yang lama hangus dibakar sejumlah oknum TNI Yon Armed 15/76 Tarik Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Menurut Kapolda, Mapolres OKU yang akan dibangun ini tipe II dengan nilai kontrak pembangunan Rp12.730.652.000 tahun anggaran 2014. Pembangunan Mapolres itu ditargetkan selesai 1 April 2015 atau selama delapan bulan pengerjaan.

Dikatakannya, ukuran bagunan gedung 2.100 meter persegi dibangun dua tingkat.

"Dikatakan megah sebab ukuran bangunan jauh lebih besar dibanding Mapolres se Indonesia, selain itu fasilitas juga akan dilengkapi," tegasnya.

Kapolda menambahkan, dengan kantor baru nanti diharapkan layanan kinerja Polri di lingkungan Polres OKU yang sudah baik jauh menjadi lebih baik sehingga layanan kepada masyarakat juga harus bagus.

Kepada Kapolres OKU, Kapolda berpesan harus bisa berhubungan baik dengan segala pihak, baik itu TNI, toko masyarakat, bupati dan DPRD OKU.

"Tujuannya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, terutama layanan ketertiban, keamanan dan pembangunan," tegasnya.

Kapolda menambahkan, untuk pembangunan Markas Polisi Resort di OKU, mereka masih membutuhkan lahan dan diharapkan agar pemerintah setempat bisa membantu lahan tanah untuk dihibahkan.

"Yang jelas kita ucapkan terima kasih kepada Pemerintah OKU, masyarakat telah menghibahkan lahan tanah untuk dibangun menjadi Mapolres OKU saat ini," katanya.

Plt Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengatakan, pemerintahan setempat berkomitmen mendukung kelancaran pembangunan Mapolres OKU yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Dikatakannya, lokasi Mapolres OKU yang akan dibangun berada di kawasan penunjang Kota Baturaja sehingga kehadirannya akan berdampak positif bagi masyarakat setempat.

Sejumlah pembangunan fasilitas umum yang sudah dibangun lebih dahulu di sekitar lokasi tersebut diantaranya Pasar Induk dan Terminal Tipe A.

Diharapkan dengan adanya Mapolres itu, wilayah tersebut akan lebih cepat maju dan berkembang sesuai fungsinya.