Menhub: galangan kapal di Indonesia terus dikembangkan

id galangan kapal, kapal, menhub, perbanyak, galangan kapal

Menhub: galangan kapal di Indonesia terus dikembangkan

Ilustrasi - Kapal Motor Penumpang rute Palembang-Bangka. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Multi angkutan tersebut tidak lain untuk mengantisipasi angkutan penumpang dan barang yang setiap tahun terus meningkat...
Mariana, Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, galangan kapal dalam negeri terus dikembangkan untuk meningkatkan industri perkapalan di berbagai daerah.

Jadi pihaknya akan lebih memperhatikan galangan kapal supaya industri perkapalan dalam negeri terus meningkat, kata menteri saat peresmian kapal KMP Sebuku buatan PT Mariana Bahagia di Mariana, Banyuasin, Selasa.

Kapal penyeberangan 5000 GT itu nantinya akan beroperasi di pelabuhan penyeberangan Merak - Bakauheni yang akan mulai beroperasi dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya sekarang ini terus mengembangkan moda angkutan baik darat, laut dan sungai.

Multi angkutan tersebut tidak lain untuk mengantisipasi angkutan penumpang dan barang yang setiap tahun terus meningkat, kata menteri.

Yang jelas sarana transportasi sebagai urat nadi perekonomian sehingga itu harus dimaksimalkan, kata dia.

Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso mengatakan, kapal penumpang ini merupakan kapal terbesar yang pernah dibangun perhubungan darat.

Kapal KMK Sebuku ini merupakan satu dari tiga kapal penyeberangan dibangun melalui dana APBN yang pembuatannya dilaksanakan PT Mariana Bahagia atau produksi dalam negeri.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya pembuatan KMK Sebuku karena untuk mempasilitasi angkutan yang ada.

Apalagi sarana transportasi sangat diutamakan dalam meningkatkan perekonomian rakyat, ujar dia.

Sementara Dirut PT Mariana Bahagia Jonson W Sucipto mengatakan, kapal tersbeut memiliki kapasitas 850 penumpang, trailer 26 unit, tronton 10 roda dua unit, truk 37 unit, dan mobil sedan 77 unit.

Dalam proses pembangunan telah diupaya untuk menggunakan komponen yang diproduksi dalam negeri.