Bupati OKU pimpin upacara HUT RI

id upacara, hut ri di baturaja

Bupati OKU pimpin upacara HUT RI

Upacara HUT ke-69 RI di Baturaja, Minggu (17/8) (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pelaksana Tugas Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Drs H Kuryana Azis memimpin upacara peringatan HUT ke-69 RI di lapangan A Yani Kota Baturaja, Minggu (17/08).

Pantauan di lapangan, upacara HUT Kemerdekaan RI itu dimulai sekitar pukul 10.00 WIB yang diawali dengan pengibaran bendera merah putih, serta dilanjutkan dengan bunyi sirine sebagai detik-detik proklamasi.

Tampak hadir ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti TNI, Polri, pelajar, mahasiswa, pramuka serta para pejabat di lingkungan Pemkab dan anggota DPRD OKU.

Seremoni dilanjutkan dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD OKU, Drs Johan Anwar SH MM yang kemudian diteruskan acara mengheningkan cipta yang dipimpin inspektur upacara, H Kuryana Azis.

Ketua Pelaksana Kegiatan Peringatah HUT RI, Ulia Mahdi menjelaskan, banyak kegiatan yang diselenggarakan Pemkab OKU untuk memperingati hari penting tersebut. Misalnya, upacara bendera, membagikan sembako kepada warga yang kurang mampu, pengobatan gratis dan pawai kendaraan hias.

Khusus untuk upacara bendera, lanjut Ulia yang juga Kepala Bappeda OKU itu, diselenggarakan di taman Kota Baturaja. Pengibar bendera dilakukan siswa siswi terpilih di OKU, seperti Rizki Fatmala didaulat menjadi pembawa baki bendera, Tito Yulianto sebagai pengibar bendera dan Edian Pratama Putra dipercaya menjadi pengerek bendera.

Sementara Komandan Pelton 45 pengibar bendera pada HUT ke-69 RI di OKU dipercaya Letnan Dua Armed Ludfi Nuanza Restu SIP, lulusan Akmil tahun 2012 yang menjabat sebagai Pamurapur C Batalion Armed Tarik Martapura.

Dijelaskannya, usai upacara Plt Bupati OKU, Kuryana Azis menyempatkan diri memberikan penghargaan kepada PNS yang telah mengabdikan diri untuk bangsa dan negara, berupa penghargaan Satyalancana Satya. "Itu penghargaan bagi PNS yang mempunyai masa kerja 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun," tegasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan berziarah ke taman makam pahlawan dan melakukan ritual tabur bunga. Plt Bupati OKU juga memberikan remisi bagi narapidana di rumah tahananan (Rutan) klas IIb Sarang Elang Baturaja.

"Sebagai penutupan, Senin sekitar pukul 07.00 WIB kita juga melakukan pawai kendaraan hias yang diikuti seluruh instansi dan perusahaan swasta di daerah ini. Pawai itu sendiri starnya dimulai di Taman Kota Baturaja dan mengeliling seluruh jalan protokol di daerah ini," katanya.

Ulia mengaku, merasa bangga dan terharu karena seluruh kegiatan peringatan HUT ke-69 RI tersebut bisa diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh tamu undangan, khususnya siswa-siswi di OKU. "Saya harapkan semangat seperti ini bisa terus dikobarkan dan tidak hilang ditelan waktu," ujarnya.