Ratusan pendemo minta dimediasi dengan Mitra Ogan

id mitra ogan, demo mibta mediasi

Ratusan pendemo minta dimediasi dengan Mitra Ogan

Peserta demo diterima Pemkab OKU di Baturaja, Senin (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Ratusan orang buruh tergabung dalam Serikat Pekerja Bina Remaja PT Mitra Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan kembali melakukan aksi demo ke Pemkab setempat meminta agar dimediasi permasalahan karyawan dan pihak perusahaan.

Pantauan di lapangan, masa dari Serikat Pekerja Bina Remaja (SPBR) mendatangi Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Senin konvoi menggunakan sepeda motor.

Ketua SPBR PT Mitra Ogan, Sakirin menjelaskan bahwa tuntutan kali ini sama pada aksi-aksi demo sebelumnya, yakni meminta pemerintah setempat memperhatikan nasib mereka membantu menyelesaikan permasalahan pekerja dengan pihak PT Mitra Ogan yang hingga saat ini belum menemui jalan keluar.

Menurutnya, perusahaan awalnya sudah berjanji akan mengangkat seluruh anggota SPBR menjadi karyawan tetap.

Namun sepanjang 2013 baru dua kali ada pengangkatan karyawan dengan total tenaga kerja harian lepas yang diangkat sebanyak 500 orang, sementara sisanya sampai saat ini belum ada pengangkatan berikutnya.

Dikatakannya, manajemen PT Mitra Ogan awalnya berjanji pada pertengahan 2013 akan melakukan pengangkatan lagi untuk gelombang ketiga, namun sampai sekarang hal itu belum direalisasikan.

"Kami tidak tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi. Kami hanya minta hak-hak buruh dan tidak akan lelah meminta kepada Pemkab OKU agar dapat mengabulkan keinginan kami," katanya.

Ia menjelaskan, anggota SPBR sendiri saat ini tercatat 1.300 orang, dimana dari jumlah itu baru 500 orang yang sudah diangkat menjadi karyawan tetap PT Mitra Ogan.

Aksi ratusan masa ini, diterima oleh Asisten I Setda OKU, Mirdaili dan melakukan dialog.

Menyikapi hal yang di sampaikan pendemo ini, Mirdaili memerintahkan Dinas Tenaga Kerja dan Insfektorat OKU menindak lanjuti laporan pendemo.