Panjat pinang semarakkan HUT RI di Palembang

id hut ri, lomba panjat pinang, lomba, pesta rakyat, hut kemerdekaan, hut kemerdekaan ri

Panjat pinang semarakkan HUT RI di Palembang

Ilustrasi - Lomba panjat pinang di pinggiran Sungai Musi (Foto Antarasumsel.com/13/Fenny Selly)

...Selain panjat pinang, warga Palembang juga menggelar beberapa lomba lainnya seperti lomba karaoke, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, dan lomba permainan rakyat lainnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Lomba panjat pohon pinang menyemarakkan pesta rakyat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 kemerdekaan Republik Indonesia di sejumlah kawasan permukiman penduduk Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pantauan di sejumlah kawasan permukiman penduduk di Kertapati, Sekip Ujung, dan Perumnas Kenten Sako Palembang, Minggu, tampak warga setempat menyiapkan pohon pinang yang telah dilumuri minyak gemuk dan dihiasi pernak pernik bendera merah putih yang terbuat dari kertas serta digantungi aneka jenis barang sebagai hadiah bagi yang berhasil memanjat hingga ujung pohon.

Selain panjat pinang, warga Palembang juga menggelar beberapa lomba lainnya seperti lomba karaoke, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, dan lomba permainan rakyat lainnya.

Salah seorang panitia lomba di kawasan Sekip Ujung, Denny mengatakan, seperti biasanya setiap tahun seusai upacara bendera 17 Agustus, bersama warga di sekitar tempat tinggalnya menggelar pesta rakyat dengan sejumlah lomba permainan tradisional.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk luapan kegembiraan menyambut HUT RI dan menanamkan semangat juang angkatan 45 kepada anak-anak yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang dapat diandalkan membawa bangsa dan negara ini ke depan lebih baik lagi.

Pesta rakyat itu dapat digelar secara rutin setiap tahun karena warga sangat mendukung dan antusias mengikuti aneka perlombaan yang disiapkan panitia.

Bentuk dukungan warga terhadap penyelenggaraan pesta rakyat itu seperti menyediakan tempat, peralatan lomba, fasilitas pendukung, menyumbang dana dan hadiah.

Dengan adanya aneka perlombaan yang terselenggara atas dukungan dana swadaya masyarakat, membuat ramai kawasan permukiman pada hari libur ini dan peringatan HUT RI menjadi meriah karena penampilan peserta lomba menunjukkan aksi yang cukup lucu seperti wajah dan badan peseta lomba panjat pinang dipenuhi lumuran minyak gemuk dan ketika akan mencapai ujung pohon melorot kembali karena licin, katanya.