Pemprov Sumsel-Pelindo bentuk tim kajian pembangunan pelabuhan

id pelabuhan, tanjung api-api

Pemprov Sumsel-Pelindo bentuk tim kajian pembangunan pelabuhan

Proyek pembangunan Pelabuhan Laut Tanjung Api-Api Sumatera Selatan (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Pelindo segera membentuk tim kajian pembangunan pelabuhan laut Tanjung Curat, Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Musni Wijaya di Palembang, Rabu mengatakan, pihaknya telah melaksanaan rapat bersama dalam pembentukan tim kajian pembangunan pelabuhan laut Tanjung Curat tersebut.

Rapat sendiri dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman bersama utusan dari berbagai instansi terkait lainnya.

Menurut dia, rapat antara lain membahas tentang kerja sama Pemerintah Provinsi Sumsel dengan PT.Pelindo dalam rangka mendukung Kawasan Ekonomi Khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api.

Direncanakan di sekitar kawasan ekonomi khusus dibuat pelabuhan laut dalam Tanjung Api-Api sehingga perlu dilakukan pembahasan draft kerja samanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal ini karena saat ini Sumsel telah memiliki pengelolaan alur Sungai Musi dalam rangka untuk mengangkut hasil tambang  batu bara.

Dia menambahkan pelabuhan yang akan dibangun itu mungkin arahnya untuk mengakomodir batu bara yang dibawa ke ambang luar karena di sanalah diperlukan terminalnya.

Dalam rapat itu memang baru membahas payung hukum secara umum terlebih dahulu yakni bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan pihak PT Pelindo sepakat melakukan nota kesepakatan.

"Setelah nota kesepakatan ditandatangani maka Pemerintah Provinsi Sumsel bersama PT Pelindo akan membentuk tim untuk melaukan kajian pembangunan Pelabuhan Laut Tanjung Curat," katanya.

Diharapkan pembangunan pelabuhan laut Tanjung Carat segera terwujud sehingga benar-benar dapat mendukung kawasan ekonomi khusus di Tanjung Api Api.