Antri kendaraan pelabuhan TAA lima jam

id taa, pelabuhan taa

Antri kendaraan pelabuhan TAA lima jam

Jalan menuju ke pelabuhan Tanjung Api-api (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Antri panjang kendaraan di pelabuhan penyeberangan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan menuju Bangka Belitung saat arus mudik dan balik lebaran mencapai lima jam.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Musni Wijaya di Palembang, Selasa mengatakan, berdasarkan evaluasi saat menghadapi lebaran dan arus balik lalu antri kendaraan sampai lima jam.

Lamanya antri kendaraan tersebut antara lain disebabkan dermaga hanya satu unit sehingga bongkar muat mobil dan barang menjadi lama.

Selain itu juga arus mudik dan balik cukup tinggi sehingga masyarakat yang membawa kendaraan terpaksa antri panjang.

"Ini salah satu penyebab masih lamanya antri kendaraan yang keluar dari kapal ferry yang seharusnya dermaga minimal ada dua unit supaya antri kendaraan tidak terlalu lama.

Dia mengatakan pelabuhan penyeberangan di Tanjung Api Api baru dibuka sehingga perlu terus dimaksimalkan supaya pelayanan menjadi lebih baik.

Pihaknya terus melakukan pembenahan termasuk rencana pembuatan dermaga pemberangkatan dan kedatangan lagi, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang arus balik dan mudik melalui pelabuhan penyeberangan tersebut cukup tinggi dibanding saat masih berada di 35 Ilir Palembang.

Arus mudik dan balik lebaran 2014 ini berkisar 13 ribu orang, kata dia, sementara bila masih di 35 Ilir hanya berkisar 3000 orang.

Ini menunjukan minat masyarakat menggunakan pelabuhan penyeberangan tersebut cukup tinggi.

Hal ini antara lain disebabkan jarak tempuh menuju Bangka Belitung lebih singkat dibanding saat berada di pelabuhan penyeberangan 35 Ilir Palembang.