Pasar tradisional sumber kemacetan lalu lintas kendaraan

id pasar tumpah, pasar tradisional

Pasar tradisional sumber kemacetan lalu lintas kendaraan

Ilustrasi - Pasar tumpah di pinggir jalan umum (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pasar tradisional atau pasar "tumpah" di pinggir jalan masih menjadi sumber kendala kemacetan lalu lintas kendaraan selama arus mudik dan balik lebaran di wilayah Sumatera Selatan.

"Setelah dievaluasi ternyata pasar tradisional di pinggir jalan tersebut menjadi penyebab utama kemacetan arus lalulintas, kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan Musni Wijaya kepada wartawan usai halalbihalal bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Dia mengatakan, padahal pos pengamanan jalan sudah didirikan di pasar pinggir jalan tersebut tetapi kemacetan masih saja terjadi.

Memang, pasar di pinggir jalan tersebut ada di beberapa kabupaten dan kota terutama di jalur lintas arus mudik.

Oleh karena itu, ujarnya, ke depan nanti pihaknya terus berupaya membenahi pasar di pinggir jalan tersebut agar kendaraan yang lewat semakin lancar.

Ketika ditanya mengenai arus mudik dan balik lebaran, dia mengatakan, secara umum dapat diatasi karena penumpang semuanya dapat pulang ke kampung halaman.

Secara umum angkutan udara yang mendominasi digunakan penumpang dalam mudik dan balik kampung halaman.

Tetapi semuanya dapat diatasi dan tetap lancar sehingga perayaan Idul Fitri berjalan dengan baik, ujar dia.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga minta pemerintah pusat untuk selalu membenahi jalan negara tetap mulus hingga lebaran tahun mendatang.

Jalan merupakan sarana utama dalam mempelancar arus lalu lintas sehingga perlu menjadi perhatian bersama, tambah dia.