Express Bahari kembali operasikan kapal cepat cadangan

id kapal cepat, armada kapal cadangan, kapal cepat, jetfoil, express bahari

Express Bahari kembali operasikan kapal cepat cadangan

Manager Operasional Jetfoil Ekspress Bahari Ferry Apriadi. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Kapal cepat cadangan kami siapkan untuk mengatasi lonjakan penumpang, jika kondisi penumpang masih tetap ramai beberapa hari ke depan, kapal cadangan akan tetap dioperasikan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan pelayaran kapal cepat Express Bahari kembali mengoperasikan dua armada kapal cadangan pada puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 guna mengatasi lonjakan penumpang rute Palembang-Bangka.

"Pada puncak arus balik Lebaran dua hari terakhir kami kembali mengoperasikan dua armada kapal cepat cadangan sebagaimana pada puncak arus mudik 24-27 Juli lalu, sehingga saat ini ada tiga kapal yang setiap hari melayani rute tersebut," kata Manajer Operasional Express Bahari, Ferry Apriadi di Palembang, Minggu.

Pengoperasian dua kapal cadangan itu, direncanakan hingga puncak arus balik Lebaran hari ini, namun tidak menutup kemungkinan jika beberapa hari ke depan masih terdapat banyak penumpang akan tetap dioperasikan sesuai dengan kebutuhan.

"Kapal cepat cadangan kami siapkan untuk mengatasi lonjakan penumpang, jika kondisi penumpang masih tetap ramai beberapa hari ke depan, kapal cadangan akan tetap dioperasikan, sehingga pengguna jasa angkutan laut dari dan ke daerah ini tidak ada yang terlantar," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan pulang kampung dengan memanfaatkan jasa angkutan laut kapal cepat.

Dengan diturunkannya dua armada kapal tambahan itu, secara umum masyarakat yang melakukan perjalanan mudik baik dari Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan maupun dari Pelabuhan Muntok Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dilayani dengan baik.

Berdasarkan data keberangkatan kapal cepat dari Pelabuhan Palembang, jumlah penumpang membludak pada puncak arus balik ini yakni mencapai 900 orang lebih atau sesuai dengan kapasitas maksmimal daya angkut penumpang, namun sebaliknya dari Pelabuhan Muntok Bangka, kapal terisi sekitar 65 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Kondisi tersebut terjadi karena pada arus balik ini, mereka yang datang ke wilayah Sumsel melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang kembali lagi ke Bangka membawa saudara dan teman untuk bekerja, katanya.

Sementara mengenai tarif tiket untuk arus balik Lebaran 2014 ini masih diberlakukan tarif atas dengan selisih atau terjadi kenaikan sekitar Rp35.000 per orang dari kondisi hari biasa.

Untuk tiket kelas VIP ditetapkan sebesar Rp300.000 per orang dewasa dan Rp250.000 untuk anak-anak, kelas Eksekutif Rp250.000 per orang dewasa dan Rp210.000 untuk anak-anak, serta kelas Bisnis ditetapkan Rp225.000 per orang dewasa dan Rp185.000 untuk anak-anak, ujar Ferry.