Pedagang pernak pernik HUT RI di Palembang marak

id pernak pernik hut ri, hut ri, umbul umbul, bendera merah putih, bendera

Pedagang pernak pernik HUT RI di Palembang marak

Pedagang pernak pernik HUT RI. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Pedagang musiman itu sejak beberapa hari terakhir marak menjajakan dagangannya itu memanfaatkan trotoar dan pohon di pinggir jalan dan menawarkan kepada pengguna kendaraan bermotor...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang pernak pernik Hari Ulang Tahun ke-69 kemerdekaan Republik Indonesia sudah mulai marak di Kota Palembang meskipun belum memasuki bulan Agustus.

Pedagang musiman itu tampak banyak dijumpai di sejumlah perempatan lampu merah dan kawasan Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan Jalan Kampus POM IX Palembang, Selasa, menjajakan penak pernik HUT RI bernuansa bendera merah putih untuk dipasang di mobil dalam bentuk gantungan atau ditempel di kaca mobil, bendera, dan umbul-umbul merah putih untuk dipasang di rumah atau gedung perkantoran.

Pedagang musiman itu sejak beberapa hari terakhir marak menjajakan dagangannya itu memanfaatkan trotoar dan pohon di pinggir jalan dan menawarkan kepada pengguna kendaraan bermotor yang stop di lampu merah pengatur lalu lintas.

Ketika lampu merah menyala, tampak sejumlah pedagang asongan seperti di perempatan simpang Rumah Sakit Chariras bergegas memanfaatkan kesempatan kendaran berhenti menghampiri pengendara mobil dan sepeda motor menawarkan pernak pernik HUT RI itu.

Salah seorang pedagang pernak pernik HUT RI Sumardi mengatakan, dia dan beberapa temannya yang berasal dari Jawa sudah berjualan di Palembang ini sejak sepekan terakhir.

Pada kondisi sekarang ini penjualan secara langsung kepada pengguna kendaraan bermotor di jalan masih tergolong sepi, namun tidak sedikit yang memesan barang dagangannya untuk dijual kembali atau memesan khusus untuk perkantoran.

Pernak pernik HUT RI seperti dalam bentuk ketupat merah putih dan bendera merah putih mini dijual Rp10.000 - 12.500 per buah, sedangkan umbul-umbul dijual dengan harga Rp45.000-Rp75.000 per buah, dan bendera dijual dengan harga berkisar Rp25.000 - Rp100.000 per buah tergantung ukuran besar kecilnya, katanya.

Sementara pedagang lainnya Sumarno mengatakan, menjelang peringatan HUT RI ini, yang paling banyak laku adalah pernak-pernik untuk hiasan mobil.

Pernak pernik untuk hiasan mobil sekarang ini cukup banyak terutama berbentuk ketupat karena sekarang ini dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, masyarakat turut memeriahkannya dengan memasang pernak-pernik HUT RI berbentuk ketupat merah putih.

Pernak pernik HUT RI itu dijual dengan harga bervariasi mulai Rp8.000 hingga Rp15.000 per buah tergantung bentuk dan ukurannya, sedangkan bendera dan umbul-umbul merah putih dijual dengan harga berkisar Rp40.000 hingga Rp75.000 per lembar.