Menteri Agama: Idul Fitri jatuh 28 Juli 2014

id menag, menteri agama

Menteri Agama: Idul Fitri jatuh 28 Juli 2014

Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pemerintah menetapkan awal Syawal atau Lebaran jatuh pada 28 Juli 2014 berdasarkan hasil sidang itsbat yang berlangsung di Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta, Minggu petang.

Dalam sidang itsbat yang dihadiri Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin, Wakil Ketua MUI Makrum Amin, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Abdul Djamil dan sejumlah undangan tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyatakan, awal Syawal 1435 H jatuh pada hari Senin, 28 Juli 2014.

Penetapan awal Syawal tersebut, menurut dia adalah berdasarkan laporan dari sejumlah saksi yang ditempatkan di 111 titik di seluruh Indonesia.  

Dari laporan 111 titik di tanah air, setidaknya ada 9 orang dari tiga titik yang berbeda menyatakan bahwa mereka telah melihat hilal di atas dua derajat yaitu dari Gresik (Jawa Timur), Pelabuhan Ratu Sukabumi (jawa Barat), Kolaka (Sulawesi Selatan).

Atas laporan tersebut seluruh peserta sidang itsbat menyatakan sepakat bahwa awal Syawal 1435 H jatuh pada 28 Juli 2014.