Ribuan pemudik tiba di Bandara SMB II Palembang

id bandara smb palembang, meningkat, pendatang, ribuan pemudik tiba di bandara palembang, bandara

Ribuan pemudik tiba di Bandara SMB II Palembang

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Pada arus mudik ini, seperti biasanya jumlah pemudik yang datang lebih banyak dibandingkan yang berangkat, namun pada arus balik awal Agustus nanti diprediksi terjadi lonjakan penumpang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekitar 4.000 pemudik per hari menggunakan jasa angkutan udara pada musim mudik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 tiba di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dalam tiga hari terakhir.

"Dalam tiga hari terakhir jumlah penumpang dari Jakarta, Batam, Medan, dan Bandung tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II ini setiap harinya meningkat sekitar 25 persen dari kondisi hari biasanya," kata Petugas Bandara SMB II Palembang, Rukmidar, Minggu.

Dia menjelaskan, berdasarkan data pada musim mudik Lebaran ini terdapat sekitar 4.000 penumpang, sementara pemudik yang terbang melalui Bandara SMB II Palembang ke Jakarta dan beberapa kota lainnya sekitar 3.100 hingga 3.500 orang per hari .

Pada arus mudik ini, seperti biasanya jumlah pemudik yang datang lebih banyak dibandingkan yang berangkat, namun pada arus balik awal Agustus nanti diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang yang akan berangkat melalui bandara ini, katanya.

Menurut dia, maskapai penerbangan yang melakukan pelayanan mudik Lebaran di Bandara Internasional SMB II Palembang di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink.

Maskapai penerbangan yang paling banyak menyediakan pesawat untuk pelayanan mudik, yakni Garuda Indonesia dengan 11 pesawat melayani mulai pukul 05.45 WIB hingga 20.40 WIB, kemudian Lion Air dengan 11 pesawat dan jadwal penerbangan mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.45 WIB, juga Sriwijaya Air dengan tiga pesawat, dan Citillink tiga pesawat, katanya.

Sementara menurut Aidil salah seorang petugas biro perjalanan wisata di Palembang, pengguna jasa angkutan udara seperti tahun-tahun sebelumnya mulai terjadi peningkatan tiga hari menjelang Lebaran Idul Fitri ini.

"Permintaan tiket pesawat beberapa hari ini mengalami peningkatan, bahkan beberapa pelanggan ada yang tidak bisa dilayani karena pesanan sangat ramai sementara tiket yang tersedia terbatas," ujarnya.

Tingginya permintaan tiket pada puncak musim mudik ini mempengaruhi meningkatnya harga tiket yakni berkisar Rp600.000 - 900.000 per orang, padahal sepekan sebelumnya masih banyak tiket yang dijual dengan harga Rp400.000 per orang.

Tingginya harga tiket pesawat karena sesuai hukum ekonomi semakin banyak permintaan harga semakin melambung.

Penjualan hari ini hanya beberapa pelanggan saja yang bisa dilayani, permintaan melalui telepon dan yang datang langsung ke kantor sangat banyak sementara tiket yang tersedia terbatas, ujarnya.