Express bahari operasikan dua kapal cepat tambahan

id kapal cepat, arus mudik, mudik lebaran, kapal tambahan, express bahari, armada kapal

Express bahari operasikan dua kapal cepat tambahan

Manajer Operasional Jetfoil Express Bahari Ferry Apriadi. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Kapal Express Bahari yang biasanya hanya satu yang dioperasikan melayani rute Palembang-Bangka, sejak hari Jumat (25/7) menjadi tiga kapal...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Perusahaan pelayaran kapal cepat Express Bahari pada puncak musim mudik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 mengoperasikan dua armada tambahan untuk mengatasi lonjakan penumpang pada rute Palembang-Bangka.

"Kapal Express Bahari yang biasanya hanya satu yang dioperasikan melayani rute Palembang-Bangka, sejak hari Jumat (25/7) menjadi tiga kapal," kata Manajer Operasional Express Bahari, Ferry di Palembang, Sabtu.

Pengoperasian dua kapal tambahan itu, pada arus mudik Lebaran ini akan dilakukan hingga Minggu (27/7) dan pengoperasian selanjutnya disesuaikan dengan kondisi penumpang pada arus balik awal Agustus 2014, katanya.

Menurut dia, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan pulang kampung dengan memanfaatkan jasa angkutan laut kapal cepat.

Dengan diturunkannya dua armada kapal tambahan itu, secara umum masyarakat yang melakukan perjalanan mudik baik dari Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan maupun dari Pelabuhan Muntok Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dilayani dengan baik.

Berdasarkan data keberangkatan kapal cepat dari Pelabuhan Palembang, jumlah penumpang tidak terlalu ramai, pada puncak musim mudik dua hari terakhir rata-rata 300 hingga 400 penumpang atau di bawah kapasitas daya angkut penumpang yang mencapai 900 orang, namun dari Pelabuhan Muntok Bangka, kapal selalu penuh.

Kondisi ini akan terjadi kebalikannya pada saat arus balik nanti, karena mereka yang datang ke wilayah Sumsel melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang kembali lagi ke Bangka membawa saudara dan teman untuk bekerja, ujarnya.

Sementara mengenai tarif tiket untuk musim mudik Lebaran 2014 ini, pihaknya memberlakukan tarif baru dengan kenaikan sekitar Rp35.000 per orang.

Untuk tiket kelas VIP ditetapkan sebesar Rp300.000 per orang dewasa dan Rp250.000 untuk anak-anak, kelas Eksekutif Rp250.000 per orang dewasa dan Rp210.000 untuk anak-anak, serta kelas Bisnis ditetapkan Rp225.000 per orang dewasa dan Rp185.000 untuk anak-anak, kata Ferry.