Dermaga kedatangan Jetfoil di Palembang ramai

id kapal cepat, jetfoil, penumpang di dermaga kedatangan ramai, keberangkatan normal

Dermaga kedatangan Jetfoil di Palembang ramai

Ilustrasi - Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Perusahaan pelayaran kapal cepat Express Bahari dan Sumber Bangka masing-masing mengoperasikan tiga kapal cepat, padahal biasanya masing-masing hanya satu kapal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dermaga kedatangan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, tiga hari menjelang Idul Fitri 1435 Hijriyah mulai ramai pemudik yang baru tiba dari Pelabuhan Muntok, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Hari ini penumpang kapal cepat untuk keberangkatan dari Palembang ke Bangka masih normal, namun untuk kedatangan dari Bangka ke Palembang mengalami lonjakan hingga 200 persen," kata petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Palembang, Rusli.

Menurut dia, pada arus mudik sekarang, untuk keberangkatan tidak terlalu sulit melakukan pengaturan penumpang dan armada kapal cepat, karena tersedia kapal dengan kapasitas angkut melebih dari jumlah penumpang yang akan dilayani.

"Petugas terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang pada arus mudik ini tidak terlalu sibuk karena tidak terjadi penumpukan penumpang yang akan diberangkatkan, namun pada arus balik Lebaran nanti pada awal Agustus nanti perlu kerja ekstra," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam kondisi terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Muntok, Bangka, yang akan ke Palembang, dua perusahaan pelayaran kapal cepat yang melayani rute tersebut mengoperasikan enam kapal cepat.

Perusahaan pelayaran kapal cepat Express Bahari dan Sumber Bangka masing-masing mengoperasikan tiga kapal cepat, padahal biasanya masing-masing hanya mengoperasikan satu unit kapal, kata Rusli.

Sementara Manajer Operasional Express Bahari, Ferry menjelaskan, untuk melayani masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan menambah dua unit armada kapal dari kondisi biasanya yang hanya satu unit.

Mengenai tarif tiket untuk musim mudik Lebaran 2014 ini, pihaknya memberlakukan tarif baru dengan kenaikan sekitar Rp35.000 per orang.

Untuk tiket kelas VIP ditetapkan sebesar Rp300.000 per orang dewasa dan Rp250.000 untuk anak-anak, kelas Eksekutif Rp250.000 per orang dewasa dan Rp210.000 untuk anak-anak, serta kelas Bisnis ditetapkan Rp225.000 per orang dewasa dan Rp185.000 untuk anaki-anak, kata Ferry.