PHRI Sumsel dorong anggota tingkatkan hunian hotel

id phri, dorong tingkatkan hunian, tingkat hunian

PHRI Sumsel dorong anggota tingkatkan hunian hotel

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Untuk mencegah tingkat hunian hotel agar tidak anjlok, pengelola hotel anggota PHRI harus kreatif seperti membuat paket potongan harga khusus...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan mendorong anggota meningkatkan hunian hotel dengan membuat penawaran paket khusus pada momentum tertentu seperti bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Penawaran paket khusus yang dilakukan sejumlah pengelola hotel anggota PHRI di provinsi ini, merupakan langkah yang bagus dan diharapkan dapat dikuti oleh seluruh anggota sehingga tingkat hunian tidak mengalami penurunan drastis," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, pada saat bulan Ramadan berbagai aktivitas yang biasa diselenggarakan di hotel mengalami penurunan, sehingga berdampak pada tingkat hunian hotel.

Untuk mencegah tingkat hunian hotel agar tidak anjlok, pengelola hotel anggota PHRI harus kreatif seperti membuat paket potongan harga khusus kepada masyarakat yang akan menginap di hotel selama bulan puasa serta membuat paket acara berbuka puasa bersama, dan paket lebaran.

Dengan adanya program penawaran paket khusus pada momentum tertentu, tingkat hunian hotel di daerah ini selama bulan puasa Ramadan masih cukup bagus yakni di atas 50 persen, katanya.

Menurut dia, setelah bulan Ramadan ini, diharapkan tingkat hunian hotel kembali normal seperti biasanya yakni rata-rata 70 persen dari kapasitas kamar yang tersedia.

Tingginya tingkat hunian hotel terutama di Kota Palembang, karena Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan itu mulai dilirik menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional.

Selain membutuhkan kamar hotel untuk menginap, para tamu yang berkunjung ke daerah ini membutuhkan restoran untuk makan bahkan menjamu relasi atau mitra kerjanya.

Melihat kondisi tersebut, sekarang ini banyak investor tertarik mengembangkan bisnis hotel dan restoran, meskipun jumlah hotel di Kota Palembang ini saja telah mencapai 120 unit dan Sumsel secara keseluruhan 300 unit, ujar Herlan.