Kasus pencurian di Muba mendominasi

id muba, kasus pencurian mendominasi

Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pengadilan Negeri Sekayu sampai saat ini telah menerima 509 berkas perkara, dan dari jumlah itu didominasi oleh kasus pencurian, narkotika dan obat-obatan berbahaya serta pencabulan anak di bawah umur.

Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Taryan Setiawan melalui Humasnya Hendri Agustian mengatakan, pihaknya telah menerima berkas dari Kejaksaan Negeri setempat sebanyak 509 kasus yang didominasi kasus pencurian, serta narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba).

Menurut Hendri, jumlah kasus tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2013 sebanyak 838 berkas.

"Sampai saat ini sekitar 509 berkas kasus yang telah kita terima, sudah diputuskan sekitar 370 berkas kasus meliputi kasus pencurian getah karet, narkoba dan pencabulan anak di bawah umur, sisanya 139 kasus masih dalam proses persidangan," katanya.

Hendri menjelaskan, beberapa kasus pencurian yang telah diselesaikan rata-rata terjerat pasal 363 KUHP dan pasal 362 KUHP ancaman hukuman bagi terdakwa lebih kurang tujuh tahun penjara.

"Kita telah menyelesaikan beberapa kasus pencurian di tahun ini, dari kasus tersbut sebagian besar terjerat pasal 363 dan 362 KUHP," katanya.

Mengenai proses penanganan kasus, menurut dia, berkas kasus perkara pidana itu paling lama empat kali sidang dalam jangka satu bulan dan baru dapat diputuskan.

Sedangkan untuk kasus perdata maksimal lima bulan proses sidang, dan tergantung kehadiran pihak terkait.

"PN Sekayu tidak bisa menetapkan keputusan dengan singkat, melainkan harus melalui tahap demi tahap, paling tidak sekitar satu bulan hingga lima bulan, itu pun harus dihadiri oleh semua pihak saat sidang terakhir digelar," kata Hendri.

Sementara Kasat reskrim Polres Muba AKP Bagus Adi Suranto secara terpisah berharap dari kasus yang telah diterima pihak Pengadilan Negeri saat ini jumlahnya tak lebih dari tahun lalu, sehingga angka kriminalitas di Muba dapat menurun.

"Kita akan terus melakukan patroli keliling, dengan kegiatan tersebut kita berharap angka kriminalitas di Muba dapat berkurang," katanya.