Pengiriman barang dari Palembang meningkat 50 persen

id pengiriman paket, jasa ekspedisi, angkutan barang, kargo

...Rata-rata 200 paket per hari pada bulan-bulan sebelumnya, sedangkan menjelang Idul Fitri ini meningkat menjadi 300 paket per hari...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengiriman barang terutama makanan dan pakaian melalui perusahaan jasa ekspedisi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah meningkat hinga 50 persen dibandingkan pada hari-hari biasa.

"Rata-rata 200 paket per hari pada bulan-bulan sebelumnya, sedangkan menjelang Idul Fitri ini meningkat menjadi 300 paket per hari," kata Direktur PT Jevin Multi Sarana (JMS) Kargo Palembang Rita Rusmawati di Palembang, Senin.

Permintaan pengiriman barang itu dominan tujuan ke Pulau Jawa terutama Jakarta, Bandung dan Surabaya, begitu juga paket yang masuk untuk didistribusikan ke dalam Kota Palembang dan beberapa kota wilayah Sumsel lainya juga dominan dari sejumlah kota tersebut.

Tingginya permintaan pengiriman barang sudah diprediksi sebelumnya karena berdasarkan pengalaman setiap tahun menjelang Lebaran selalu terjadi lonjakan permintaan pengiriman terutama berbagai jenis barang kebutuhan hari besar keagamaan umat Islam itu.

Untuk mengatasi peningkatan permintaan jasa pengiriman barang tersebut, pihaknya melakukan upaya penambahan beberapa unit armada dan mengoptimalkan personel serta jaringan pelayanan yang telah dibangun selama ini.

Dengan berbagai upaya tersebut, sejauh ini pihaknya dapat melayani pengguna jasa pengiriman paket dokumen dan barang dengan baik, dan mampu melayani berapapun permintaan pengiriman dari masyarakat dan tujuan ke daerah mana saja, ujar Rita.

Mengenai ongkos kirim, dia menjelaskan, PT JMS Kargo menetapkan dua pilihan tarif, untuk pengiriman paket barang maupun dokumen secara kilat (satu hari sampai) Rp17.500/kilogram dan pengiriman biasa (tiga hari sampai) Rp13.000/kg.

Sementara Direktur PT Tri Pratama Expresindo (TPX) Cargo Ian Fakhlani mengatakan, beberapa hari terakhir terjadi peningkatan permintaan pengiriman terutama barang berupa makanan, dan pakaian jadi, sedangkan pengiriman dokumen atau surat agak menurun karena menjelang lebaran ini aktivitas perkantoran mulai berkurang.

Untuk mengatasi peningkatan pelayanan jasa pengiriman barang menjelang Lebaran tahun 2014, TPX Cargo telah menambah beberapa unit kendaraan baru dan sewaan sehingga pelayanan bisa dilakukan dengan baik dan barang bisa dikirim ke alamat tujuan sesuai waktu yang disepakati dengan pelanggan, ujar Ian.