BBPOM temukan produk kue kedaluarsa

id kedaluarsa, produk kedaluarsa

BBPOM temukan produk kue kedaluarsa

BBPOM Palembang temukan produk kedaluarsa (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Palembang menemukan produk kedaluarsa atau tak sesuai ketentuan perlindungan konsumsen pada sejumlah toko kue di Kota Palembang, Senin.

Inspeksi mendadak itu dilakukan ke beberapa toko penyedia bahan kue, di antaranya toko kue Anggrek di Jalan Dempo, Toko Kue Rosella di Jalan Segaran, dan beberapa toko lainnya, kata Ketua Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang Dra Indriaty Tubagus, Senin.

Sementara, pantauan Antara di lapangan pada salah satu toko sempat ditemukan produk kedaluarsa masih menyatu dengan produk yang sesuai ketentuan.

Pada toko lainnya juga ditemukan produk yang tanpa izin BBPOM, seperti cokelat padat dan beberapa produk pewarna makanan, sebagian merupakan produk impor.

Produk yang cukup banyak diamankan oleh BBPOM dan Disperindag adalah produk eceran oleh pemilik toko tanpa memperhatikan ketentuan perlindungan konsumen.

Produk tersebut seperti mentega wisman, pewarna, esense, dan lainnya dikemas sendiri dengan ukuran ekonomis plastik putih oleh pemilik toko, namun tidak menyantumkan keterangan penting seperti informasi kedaluarsa, serta komposisi.

Sementara, karena jumlah yang banyak dan diminati pembeli mencari produk-produk tersebut, pemilik toko sempat menolak apabila bahannya diamankan.

Menurut Ketua BBPOM Indriaty yang memimpin inspeksi mendadak hari itu bahwa ditujukan untuk melindungi konsumen dari produk-produk tidak layak berada di pasaran.

"Konsumsen kadang tidak tahu kalau bahan yang dibeli ternyata sudah tidak bisa dipakai lagi," kata dia.