Warga Palembang manfaatkan PKH untuk biaya sekolah anak

id program keluarga harapan, biaya sekolah anak, manfaatkan untuk biayansekolah, pkh

Warga Palembang manfaatkan PKH untuk biaya sekolah anak

Seorang petugas Program Keluarga Harapan (PKH) melayani masyarakat penerima dana PKH. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Dana bantuan PKH tahap pertama (Januari-Maret) 2014 ini yang diterimanya sebesar Rp635.000 dimanfaatkan untuk keperluan sekolah anaknya dan memenuhi sejumlah kebutuhan hidup sehari-hari...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, penerima dana bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH memanfaatkan bantuan dari Kementerian Sosial itu untuk biaya sekolah anak mereka.

"Lumayanlah dana PKH yang mulai dibagikan pemerintah pekan pertama Juli 2014 bisa dimanfaatkan untuk biaya sekolah dan membeli alat tulis baru menghadapi Tahun Ajaran baru 2014/2015," kata salah seorang ibu dari kalangan rumah tangga sangat miskin (RTSM) Nelly di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, dana bantuan PKH tahap pertama (Januari-Maret) 2014 ini yang diterimanya sebesar Rp635.000 dimanfaatkan untuk keperluan sekolah anaknya dan memenuhi sejumlah kebutuhan hidup sehari-hari.

Besarnya dana bantuan yang diterima keluarganya itu sesuai dengan persyaratan RTSM penerima PKH yakni memiliki ibu yang sedang hamil, memiliki anak balita atau anak usia sekolah.

Program keluarga harapan tersebut sangat membantu bagi keluarganya yang tergolong RTSM, diharapkan pembagian dana bantuan empat kali dalam setahun secara keseluruhan mencapai Rp2 juta hingga Rp2,8 juta/RTSM bisa berjalan lancar sesuai tahapan yang telah ditentukan, tidak terlambat seperti tahap pertama ini, ujar warga.

Sementara Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel M.S Sumarwan mengatakan, penerima dana bantuan PKH di Kota Palembang mencapai 20.409 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang tersebar di 16 kecamatan dengan dana bantuan mencapai Rp7 miliar.

Penerima dana bantuan PKH itu meningkat jika dibandingkan dengan data awal pelaksanaan program tersebut yang hanya mencapai 15.732 RTSM, katanya.

Dia menjelaskan, PKH memberi dampak positif dalam mengurangi masalah sosial seperti kurang gizi bagi ibu hamil dan anak balita serta menekan angka putus sekolah anak dari keluarga miskin.

Sebagai salah satu program pemerintah untuk melakukan penanggulangan kemiskinan di wilayah kabupaten dan kota, akan terus ditingkatkan kualitasnya dengan melakukan evaluasi bersama seluruh pihak terkait yang terlibat dalam penyaluran dana bantuan itu, ujar Sumarwan.