Harga daging ayam potong di Palembang turun

id harga daging ayam potong turun, ayam, daging ayam, turun, pasar tradisional

Harga daging ayam potong di Palembang turun

Pedagang ayam potong di pasar tradisional Sekip Ujung Palembang "banjir" pasokan. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Pada awal Ramadhan harga daging ayam mencapai Rp35.000 per kilogramnya, kini turun berkisar pada harga Rp25.000-Rp27.000/kg...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga daging ayam potong di Kota Palembang, Sumatera Selatan yang mengalami kenaikan sejak awal bulan Ramadhan 1435 Hijriah, kini dalam beberapa hari terakhir mengalami penurunan yang cukup drastis.

"Pada awal Ramadhan harga daging ayam mencapai Rp35.000 per kilogramnya, kini turun berkisar pada harga Rp25.000-Rp27.000/kg," kata Ruslan salah seorang pedagang ayam potong di pasar tradisional Sekip Ujung Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, turunnya harga daging ayam potong beberapa hari terakhir dipengaruhi tingginya pasokan ayam ke pasar ini, sementara permintaan masyarakat stabil.

"Pasokan ayam potong dari agen akhir-akhir ini cukup banyak, sementara permintaan stabil sehingga harga jual mengalami penurunan cukup drastis," ujarnya.

Menurut dia, kondisi ini diprediksi tidak berlangsung lama, karena menjelang Hari Raya Idul Fitri sekitar 10 hari lagi akan kembali terjadi kenaikan harga karena permintaan daging ayam akan mengalami peningkatan.

Dalam kondisi terjadi penurunan harga sekarang ini, penjualan daging ayam sedikit mengalami kenaikan, biasanya bisa menjual 60 kilogram daging ayam per harinya kini bisa mencapai 80 kg per hari.

Penjualan daging ayam potong tersebut diharapkan trennya dapat terus meningkat dan pasokan barang dari agen tetap lancar seperti sekarang ini sehingga harga jual bisa stabil, karena jika terjadi kenaikan harga yang tinggi dapat berakibat menurunnya pembeli dan pendapatan pedagang, ujarnya.