Palembang masih kekurangan puluhan kolam retensi

id kolam retensi, kekurangan kolam retensi, resaoan air hujan, kolam resapan, masih kurang

Palembang masih kekurangan puluhan kolam retensi

Ilustrasi - Pembangunan kolam retensi. (FOTO ANTARA)

...Saat ini kolam retensi di Palembang baru ada 22 buah dari yang seharusnya dibutuhkan 65 unit sehingga kekurangan 43 lagi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang masih kekurangan 43 kolam retensi untuk mengantasi banjir yang sering terjadi selama ini terutama saat musim hujan.

Saat ini kolam retensi di Palembang baru ada 22 buah dari yang seharusnya dibutuhkan 65 unit sehingga kekurangan 43 lagi, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU Pengairan Provinsi Sumsel Megawaty kepada wartawan di Palembang, Kamis.

Jadi kekurangan kolam resapan air itu akan dibuat secara bertahap sehingga Palembang bebas dari banjir, ujar dia.

Memang, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Sumsel 2014 telah membantu pembuatan dua kolam retensi yakni di Bendung dan Sungai Buah Palembang.

Kolam retensi yang akan dibangun tersebut saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan, kata dia.

Khusus untuk kolam retensi di Sungai Bendung juga akan didirikan pompa air karena di daerah tersebut padat dengan perkampungan penduduk.

Dalam membangun dua kolam retensi itu Pemerintah Provinsi Sumsel menganggarkan dana Rp35 miliar terutama untuk membantu pembebasan lahan, ujar dia.

Selain itu Pemerintah Kota Palembang juga menyiapkan dana sekitar Rp10 miliar untuk ganti rugi lahan tersebut.

Menurut dia, hal ini karena pembangunan fisiknya diserahkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Balai Besar Sungai Wilayah VIII.

Memang, ujar dia, kolam retensi cukup penting di bangun di Kota Palembang karena resapan air di daerah ini masih kurang.

Jadi setiap musim hujan Palembang rutin dilanda banjir sehingga pembangunan kolam retensi itu mendesak, kata dia.

Dengan dibangunannya kolam retensi secara bertahap tersebut diharapkan Palembang bebas dari genangan air saat musim hujan tiba, tambah dia.