Pemprov Sumsel minta perketat pengawasan peredaraan daging

id daging, daging sapi

Pemprov Sumsel minta perketat pengawasan peredaraan daging

Seorang pedagang daging menanti pembeli di Pasar Cinde Palembang (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Kepala Dinas Peternakan setempat minta kepada instansi terkait untuk memperketat pengawasan peredaran daging dalam menghadapi lebaran.

Pengawasan tersebut untuk menjamin keamanan daging yang beredaran di pasar, kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sumsel Max Sulistyo di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan, pengawasan dilakukan mulai dari pemotongan hingga pemasaran supaya daging yang dijual  bebas dari campuran yang tidak diinginkan.

Apalagi saat puasa dan menjelang lebaran mendatang dikhawatirkan daging yang dijual bisa saja dicampur bahan pengawet termasuk gelondongan, ujar dia.

Sehubungan itu diminta kabupaten dan kota untuk melakukan pengawasan akan peredaran daging sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Jadi pihaknya minta seluruh pemerintah kabupaten dan kota serta masyarakat untuk lebih teliti terhadap daging yang akan dibeli supaya benar-benar terhindar dari bahan berbahaya, kata dia.

Sementara pihaknya sendiri telah melakukan pengukuran kadar daging yang beredar di masyarakat, terutama di pasar menjadi sentra penjualan daging.

Kesemuanya itu dilakukan agar masyarakat tidak khawatir dalam mengkonsumsi daging terutama saat permintaan meningkat menjelang lebaran nanti.

Yang jelas perlu pengawasan bersama sehingga daging dikonsumsi benar-benar sehat, tambah dia.