Permintaan buah di Palembang selama Ramadhan meningkat

id permintaan buah segar meningkat, buah, buah segar

Permintaan buah di Palembang selama Ramadhan meningkat

Pedagang buah-buahan segar di pasar tradisional dan toko modern mendapat limpahan rezeki, selama Ramadhan. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Buahan-buahan ditawarkan pedagang dengan harga bervariasi seperti semangka, melon, pepaya, dan timun suri dijual dengan harga berkisar Rp6.000 - Rp10.000 per kilogram...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan aneka jenis buah di sejumlah pasar tradisional, swalayan dan toko buah segar di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah/2014 Masehi ini mengalami peningkatan.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional dan tempat penjualan buah segara lainnya di Palembang, Minggu, tampak pedagang sibuk melayani pembeli yang memadati kios dagangan mereka.

Buahan-buahan ditawarkan pedagang dengan harga bervariasi seperti semangka, melon, pepaya, dan timun suri dijual dengan harga berkisar Rp6.000 - Rp10.000 per kilogram, kemudian buah pisang cavendis Rp17.500/kg, jambu batu merah Rp13.500/kg.

Mangga golek, indramayu, harum manis Rp16.500 - Rp20.000 per kg sedangkan mangga gedong gincu mencapai Rp25.000/kg.

Buah kelengkeng Rp33.000 - Rp47.500 per kg, alpukat Rp17.500-Rp23.000/kg, apel fuji super Rp19.000-Rp23.500/kg, apel fuji biasa R18.500/kg, jeruk medan Rp18.000 - Rp22.000/kg, dan anggur red globe Rp60.000-Rp75.000/kg.

Pasar Cinde Palembang salah satu pasar tradisional yang menjadi sentra pedagang buah-buahan, tampak setiap kios pedagang buah dipadati pembeli yang memilih buah terbaik untuk dibawa pulang sebagai hidangan tambahan saat berbuka puasa.

Mamad salah seorang pedagang buah di Pasar Cinde mengatakan, permintaan buah selama bulan Ramadhan ini mengalami peningkatan berkisar 30-60 persen dari hari biasanya.

Penjualan buah biasanya paling banyak 50 kilogram per hari, kini mengalami peningkatan hingga 80 kilogram lebih per harinya.

Kondisi ini berdasarkan pengalaman bulan Ramadhan tahun lalu akan terus mengalami peningkatan bahkan penjualan buah bisa melonjak hingga lebih 100 persen menjelang lebaran Idul Fitri, kata dia.

Untuk mengatasi terus meningkatnya permintan buah, dia berupaya menyiapkan stok buah di kios sesuai tren peningkatan penjualan karena kalau persedian barang dagangan terlalu banyak juga susah menyimpannya karena buah-buahan tidak bisa tahan lama.

Sementara di pasar swalayan sejumlah mal di Palembang serta toko buah segar di kawasan Jalan R.Sukamto dan Jalan Radial juga tampak dipadati pembeli terutama kalangan menengah ke atas.

Pembeli di tempat tersebut tampak dominan memadati keranjang yang menyediakan buah mangga, apel, anggur, dan jeruk.

Salah seorang pembeli Praptiningsih mengatakan, pada bulan Ramadhan ini saat berbuka puasa paling enak mengonsumsi buah-buahan segar untuk menambah energi dan memenuhi kebutuhan vitamin.

Buah-buahan segar yang mengandung vitamin C, memiliki kadar air dan kalium yang tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh setelah seharian menjalani ibadah puasa tidak mengonsumsi apa-apa, katanya.