Pemprov Sumsel akan menambah uang saku calon jamaah haji

id haji, calon jamaah haji

Pemprov Sumsel akan menambah uang saku calon jamaah haji

Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemprov Sumatera Selatan akan menambah uang saku calon jamaah haji daerah itu yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi.

"Kami telah mengusulkan kepada DPRD setempat mengenai penambahan uang saku calon jamaah haji bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel itu," kata Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel, Richard Chahyadi di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan, tahun ini pihaknya mengusahakan penambahan uang saku bagi calon jamaah haji asal Sumsel dan itu sesuai permintaan Gubernur Alex Noerdin.

Sementara mengenai besarannya, pihaknya belum bisa menyebutkan karena akan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Yang jelas jumlahnya lebih dari uang saku tahun sebelumnya hanya Rp1 juta per calon jamaah haji, ucapnya.

Menurut dia, penambahan uang saku tersebut supaya jamaah haji asal Sumsel saat berada di tanah suci diharapkan semakin khusuk beribadah.

Hal ini karena bantuan tersebut untuk meringankan beban mereka selama di Arab Saudi karena ada penambahan uang terutama untuk transportasi, ujarnya.

Bantuan uang saku calon jamaah haji Sumsel telah diberikan sejak 2009 dan itu sebagai bentuk kepedulian Gubernur Sumsel terhadap masyarakat dalam beribadah.

Bantuan uang saku tersebut hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi para calon jamaah haji sehingga nantinya diharapkan menjadi haji mabrur.

Sumsel akan memberangkatkan calon jamaah haji melalui embarkasi Palembang untuk menunaikan rukun Islam ke lima.

Selain Sumsel, juga diberangkatkan calon jamaah haji dari Provinsi Bangka Belitung melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.