Pemprov mulai persiapan upacara pembukaan MTQ di Palembang

id mtq, persiapan pembukaan mtq internasional

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mulai melaksanakan persiapan upacara pembukaan dan penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Internasional yang diselenggarakan di Palembang akhir September 2014.

Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel Richard Chahyadi kepada wartawan di Palembang, Senin mengatakan, persiapan itu antara lain pihaknya sekarang ini mulai melaksanakan penyeleksian tim penari untuk ditampilkan pada upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional mendatang.

Seleksi akan dilaksanakan selama tiga hari untuk mengetahui kemampuan penari yang akan ditampilkan pada pembukaan MTQ mendatang.

Memang tim penyeleksian dilaksanakan juri tersendiri bukan dari Pemerintah Provinsi Sumsel, katanya.

Nantinya, tim itu akan menilai keberadaan para penari yang akan ditampilkan pada malam pembukaan dan penutupan MTQ Internasional tersebut.

Namun, lanjut dia, pihak Pemerintah Provinsi Sumsel tetap akan memantau perkembangan para penari yang akan tampil nanti, supaya benar-benar bermutu.

Sebagaimana penyeleksian tahap pertama diikuti puluhan penari antara lain dari berbagai sanggar dan sekolah serta masyarakat yang ada di daerah itu.

Sebelumnya Ketua Panitia Daerah MTQ Ahmad Najib mengatakan, pembukaan MTQ Internasional nanti juga akan dimeriahkan penyanyi bernuasa Islami, Maher Zain.

Penyanyi tersebut nantinya akan melantunkan lagu irama yang bernuansa Islami sesuai dengan kegiatan MTQ Internasional.

MTQ Internasional di Palembang direncanakan diikuti utusan 53 negara dan kemungkinan pesertanya lebih dari itu karena peminatnya cukup banyak, katanya.