Dinkes OKU akreditasi empat puskesmas

id dinkes, akreditasi empat puskesmas

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan mengakreditasi Puskesmas Kemalaraja, Tanjung Agung, Sekar Jaya dan Puskesmas Sukaraya untuk memberikan percontohan bagi puskesmas lainnya agar meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Saiful Kamal di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan empat puskesmas tersebut ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk dilakukan penilaian akreditasi.

"Kami sudah mengajukan surat permohonan akreditasi untuk empat puskesmas. Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan sebagai percontohan bagi puskesmas lainnya," kata Saiful.

Dikatakannya, dalam persiapan menghadapi penilaian akreditasi oleh tim Kemenkes RI, pihaknya akan meningkatkan sejumlah sarana dan prasarana di empat puskesmas tersebut.

"Selain itu kami juga akan meningkatkan sumber daya manusia terlebih dahulu agar saat dilakukan penilaian nantinya bisa berjalan mulus sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga akan segera membentuk tim guna mendukung pelaksanaan akreditasi tersebut.

"Jika nantinya ada yang terakreditasi, maka kami berharap hal itu segera diikuti puskesmas lainnya sebab penilaian itu merupakan jaminan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ujarnya.

Dengan demikian, diharapkan ke depan ini seluruh puskesmas di OKU terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kata Saiful.