Komunitas peduli pariwisata ajak masyarakat kembangkan wisata

id pariwisata, potensi wisata perlu dikembangkan

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komunitas Peduli Pariwisata Sumatera Selatan mendorong masyarakat di daerah itu sadar akan beragam potensi wisata untuk dikembangkan demi kepentingan meningkatkan perekonomian.

"Potensi pariwisata di Sumsel yang luar biasa harus didorong secara optimal untuk dikembangkan, sehingga keterlibatan masyarakat menjadi bagian terpenting," kata Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Sumatera Selatan (KP2S) Ega Astuti, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya berkomitmen mengajak semua lapisan masyarakat berpartisipasi aktif dalam mendorong perkembangan wisata di daerah itu.

Dengan berkembangnya pariwisata dipastikan akan berdampak kepada beragam sektor perekonomian sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan warga, tambahnya.

Ia mengatakan, pembangunan sektor pariwisata sangat erat dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat karena ketika daerah menjadi destinasi wisata nasional apalagi dunia berdampak signifikan pada meningkatnya beragam kebutuhan pelancong.

Terutama kebutuhan akan makanan, akomodasi dan tidak ketinggalan hasil kerajinan khas atau tradisional menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan, katanya.

Dia menjelaskan, guna mendorong masyarakat sadar wisata, pihaknya telah menyiapkan beragam program untuk membekali warga dalam menjadikan sejumlah objek wisata terpelihara dengan baik.

Kreatifitas masyarakat dalam berbagai sektor ekonomi mikro juga sangat penting untuk merealisasikan Sumsel sebagai tujuan wisata utama nasional dan internasional, ujarnya.

Ia menambahkan, selain berperan aktif mendorong masyarakat sadar pariwisita, KP2S selama Ramadhan juga melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti membantu panti asuhan dan berbuka bersama anak yatim piatu.

Kedepan pihaknya menargetkan, tidak adalagi masyarakat yang tak merasakan implikasi dari perkembangan wisata terutama dari peningkatan sektor ekonomi, tambahnya.