Disbun Muba bantu petani remajakan kebun karet

id kebun karet, peremajaan kebun karet, kebun karet, peremajaan

Disbun Muba bantu petani remajakan kebun karet

Ilustrasi - Kebun karet rakyat.(Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/11)

Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membantu petani karet kabupaten setempat melakukan peremajaan kebunnya untuk meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan keluarga mereka.

Bantuan yang diberikan itu berupa 500 batang bibit karet untuk per hektare serta 50 kg pupuk Npk, dua liter Herbisida dan 10 Kg Trikoderma, kata Kasi Teknologi Produksi dan Pengendalian Mutu Disbun Muba, Firdaus di Sekayu, Jumat.

Menurut dia, untuk melakukan peremajaan kebun karet rakyat, pihaknya juga berupaya memberikan pembekalan kepada petani mengenai cara mengoptimalkan hasil kebun karet serta menghindari serangan hama atau tanaman pengganggu.

Pembekalan tersebut dilakukan dengan menggandeng Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki banyak tenaga ahli dan pengalaman dalam melakukan peremajaan kebun rakyat di provinsi yang memiliki 17 kabupatend an kota itu, katanya.

Dia menjelaskan, dalam peremajaan kebun karet petani Muba, pihaknya menyediakan bibit berkualitas tinggi agar kebun dapat menghasilkan getah karet yang banyak sehingga dapat mensejahterakan para petani di masa yang akan datang.

Kegiatan peremajaan kebun karet rakyat di wilayah kabupaten ini, akan terus digalakkan karena akhir-akhir ini banyak kebun berisi tanaman yang sudah berusia tua sehingga kurang produktif.

"Kami berupaya mendata kebunnya yang sudah tidak produktif, sehingga dapat dimasukkan dalam program pembinaan untuk peremajaan kebun dengan bantuan Pemerintah Kabuapten Muba atau direkomendasikan mendapat pinjaman dana dari perbankan," ujarnya.