Permintaan Alquran di Palembang meningkat selama Ramadhan

id permintaan alquran meningkat, buku bacaan ajaran islam, alquran

Permintaan Alquran di Palembang meningkat selama Ramadhan

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Alhamdulillah pada bulan Ramadhan tahun ini, kami mendapat limpahan rezeki dari peningkatan permintaan Alquran dan beberapa buku bacaan ajaran Islam...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan kitab suci Alquran di sejumlah toko buku di Kota Palembang, Sumatera Selatan mengalami peningkatan yang cukup tinggi selama bulan Ramadhan 1435 Hijrah/2014 Masehi.

Beberapa pemilik toko buku di Palembang, Kamis, mengatakan, sejak sepekan terakhir permintaan kitab suci Alquran mengalami peningkatan sekitar 30 persen dari kondisi beberapa bulan sebelumnya.

"Alhamdulillah pada bulan Ramadhan tahun ini, kami mendapat limpahan rezeki dari peningkatan permintaan Alquran dan beberapa buku bacaan ajaran Islam, semoga permintaan tersebut bisa lebih banyak lagi pada bulan yang penuh berkah ini," ujar Ranius salah seorang pemilik toko buku kawasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang itu.

Menurut dia, permintaan kitab suci umat muslim itu dilakukan masyarakat dengan cara membeli satuan untuk keperluan keluarga, dan ada yang dalam jumlah besar untuk disumbangkan ke masjid, pondok pesantren, panti asuhan, atau lembaga pendidikan Islam lainnya.

Kitab suci Alquran dalam kondisi terjadi peningkatan permintaan masyarakat sekarang ini, dijual dengan harga normal seperti biasanya, karena khusus barang untuk kepentingan ibadah pihaknya tidak menentukan harga jual dengan perhitungan bisnis sesuai hukum pasar.

Sesuai hukum pasar, jika terjadi peningkatan permintaan terhadap suatu barang dagangan akan terjadi penyesuaian harga atau dinaikkan dari kondisi normal, namun khusus penjualan Alquran tetap diterapkan harga seperti selama ini.

Kitab suci Alquran dijual dengan harga relatif murah yakni berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000 per buah tergantung ukuran besar dan kecilnya, begitu juga buku bacaan ajaran Islam lainnya seperti buku tuntunan doa, shalat sunnat dan wajib dijual dengan harga Rp25.000 hingga Rp60.000 per buah, katanya.

Sementara salah seorang warga Kartini mengatakan, seperti tahun sebelumnya, dia memanfaatkan bulan Ramadhan untuk menyumbangkan sebagian rezekinya dalam bentuk membagikan kitab suci Alquran dan beberapa buku bacaan ajaran Islam ke pondok pesantren dan panti asuhan.

Dengan adanya sumbangan tersebut, diharapkan kegiatan ibadah di pondok pesantren atau panti asuhan dapat berjalan dengan baik dan lebih meningkat.

Selain kitab suci Alquran dan bahan bacaan terkait ajaran Islam, dalam bulan penuh berkah sekarang ini, diberikan pula sejumlah bahan makanan dan minuman dalam kemasan untuk menambah variasi menu berbuka puasa di pondok pesantren dan panti asuhan, katanya.