Kemenkop: kedua calon presiden miliki konsep koperasi dan UKM

id capres miliki konsep koperasid an ukm, kemenkop dna ukm, apresiasi konsep capres, capres prabwo

...Kami menyambut baik dua pasang capres ini sering menyebutkan keberpihakan mereka terhadap koperasi dan UKM...
Jakarta (ANTARA Sumsel)- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan kedua calon presiden (capres) yakni Prabowo dan Jokowi memiliki konsep soal koperasi dan UKM.
         
"Kami menyambut baik dua pasang capres ini sering menyebutkan keberpihakan mereka terhadap koperasi dan UKM," kata Agus Muharram di Jakarta, Kamis.
         
Ia menilai dua capres memiliki kepedulian terhadap sektor KUKM meskipun bentuk kepedulian tersebut harus dikawal dan diwujudkan demi perkembangan sektor itu.
         
Agus menyarankan agar siapapun presiden terpilih nantinya melakukan set up konstitusional termasuk mempertahankan eksistensi bahkan memperkuat institusi pembina KUKM yaitu Kementerian Koperasi dan UKM.
         
"Secara de facto institusi ini tetap ada karena secara de yure, koperasi masuk dalam pasal UUD 1945 sehingga keberadaan institusi pembinanya harus ada," katanya.
         
Menurut dia, keberadaan Kementerian Koperasi dan UKM sebagai institusi penggerak birokrasi dinilainya penting karena sebagian besar pelaku KUKM masih bergerak di level mikro sehingga memerlukan pendampingan dan pemberdayaan.
         
"Mereka perlu didampingi agar bisa masuk ke mekanisme pasar bebas," katanya.
         
Ia menyarankan kepada kedua capres agar saat terpilih nanti segera merancang dan merealisasikan program dan komitmen mereka terhadap sektor koperasi dan UKM.
         
"Programnya seperti apa yang terkait KUKM dan komitmennya seperti apa, harus segera direalisasikan," katanya.