Legislator: Pemerintah perlu terobosan tingkatkan hasil pertanian

id dprd, dprd sumsel

Legislator: Pemerintah perlu terobosan tingkatkan hasil pertanian

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan perlu terobosan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian terutama pangan dengan memberikan bantuan kepada kelompok tani, kata Juru Bicara Komisi II DPRD Sumsel, Nurwati Wahab.

"Untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian terutama pangan diperlukan terobosan oleh pemerintah," kata Nurwati Wahab di Palembang, Kamis.

Menurut dia, terobosan-terobosan oleh pemerintah itu misalnya dengan memberikan bantuan traktor tangan kepada setiap kelompok tani, pemberian bibit yang berkualitas dan bantuan pupuk.

Kemudian pemerintah perlu melakukan perlindungan lahan berkelanjutan dengan cara membuat peraturan daerah tentang perlindungan lahan berkelanjutan, sehingga tidak terjadi alih fungsi lahan pertanian menjadi kawasan perumahan maupun kawasan industri, katanya.

Sementara, lanjutnya, di bidang perkebunan yang menjadi sektor unggulan di Sumsel adalah karet, sawit, kopi, coklat dan lainnya.

Ia mengatakan, masalah klasik yang dihadapi petani adalah modal, mereka tidak mempunyai modal yang cukup serta sulit mengakses lembaga keuangan baik formal maupun non formal.

Akibatnya mereka tidak mampu melakukan revitalisasi kebun-kebun yang sudah tidak produktif lagi, ujar wakil rakyat tersebut.

Ia menyatakan, selain itu beredarnya bibit palsu di tengah masyarakat menjadi persoalan tersendiri yang akan mengakibatkan rendahnya hasil kebun rakyat.

Pemerintah harus memberikan kemudahan kepada petani untuk mendapatkan tambahan moda, kemudahan persyaratan-persyaratan untuk memperoleh tambahan modal dari lembaga keuangan.

Pemerintah juga harus melakukan pengawasan agar bibit-bibit palsu tidak beredar di tengah masyarakat, dan pemerintah diharapkan mampu menyediakan bibit yang berkualitas dengan harga terjangkau, katanya.