Imigrasi Palembang mulai layani pembuatan paspor haji

id pelayanna paspor haji dibuka, mulai layani pembuatan paspor haji, paspor haji, imigrasi, imigrasi palembang

Imigrasi Palembang mulai layani pembuatan paspor haji

Bogi Widiantoro diwawancarai wartawan televisi swasta nasional. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Pelayanan pembuatan paspor haji telah dimulai sejak pertengahan Juni ini, kegiatan pelayanan tersebut dijadwalkan berlangsung hingga Agustus 2014...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Imigrasi Palembang, pertengahan Juni 2014 mulai melayani pembuatan paspor haji calon jamaah haji dari lima daerah Sumatera Selatan yakni Kota Palembang, Kabupaten Banyu Asin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Pelayanan pembuatan paspor haji telah dimulai sejak pertengahan Juni ini, kegiatan pelayanan tersebut dijadwalkan berlangsung hingga Agustus 2014," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Bogi Widiantoro, Rabu.

Pada cara ruwahan bersama insan pers menyambut bulan suci Ramadhan di aula Kantor Imigrasi Palembang itu, Bogi menjelaskan, sejak dimulainya pelayanan pembuatan paspor haji hingga kini telah diselesaikan 700 paspor dan dalam proses foto sebanyak 800 calon jamaah haji.

Melihat perkembangan pelayanan tersebut dan kondisi sebagian calon jamaah haji sudah memiliki paspor, pihaknya optimistis pelayanan pembuatan paspor dapat diselesaikan sebelum batas waktu maksimal yang ditetapkan pada Agustus.

"Pada musim haji 1435 Hijriah/2014 Masehi, pekerjaan kita sedikit ringan karena dari 5.040 calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah sebagian sudah memiliki paspor sehingga tidak perlu lagi membuat paspor baru," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan perjalanan ibadah haji beberapa tahun ini tidak lagi menggunakan paspor khusus, bagi yang telah memiliki paspor dan pada saat musim haji masa berlakunya belum habis tidak perlu repot untuk membuat paspor baru karena sesuai ketentuan tetap bisa digunakan.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum memiliki paspor, pihaknya mengimbau untuk segera mengurusnya dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan secara bersama oleh petugas Kementerian Agama masing-masing daerah dan petugas Kantor Imigrasi Palembang.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada CJH dan tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat umum, disiapkan loket khusus pelayanan paspor haji yang seperti biasanya dibuka setiap hari sesuai jadwal yang ditetapkan mulai pukul 14.00-17.00 WIB.

Pelayanan pembuatan paspor haji tersebut akan diupayakan secara maksimal hingga di luar hari kerja seperti Sabtu termasuk hari libur, melalui upaya itu diharapkan jika ada CJH yang tidak memiliki waktu mengurus paspornya pada hari kerja dapat menyesuaikan waktunya, kata Bogi.