Jokowi: Kualitas SDM jauh lebih penting

id joko widodo, kualitas sdm jauh lebih penting

Jokowi: Kualitas SDM jauh lebih penting

Capres Joko Widodo ketika berkunjung ke Palembang, Rabu (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Calon presiden nomor urut dua Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan kualitas SDM jauh lebih penting dari pada mengandalkan sumber daya alam (SDA).

Jokowi saat bersilaturahmi dengan ratusan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Kota Palembang di Gedung Istana Kopi, Palembang, Sumsel, Rabu mencontohkan, Singapura, tidak punya kekayaan alam sama sekali, tapi karena kualitas SDM tinggi maka negaranya bisa maju.

"Kita lupa betul. Disorientasi pendidikan. Percuma punya kekayaan besar kalau SDM tidak disiapkan, yang menikmati nanti orang lain," ujarnya.

Oleh karena itu, ia kembali membantah isu penghapusan tunjangan sertifikasi guru jika dirinya terpilih menjadi presiden.

"Mana mungkin tunjangan sertifikasi guru dihapus? Padahal, kita tahu pembangunan manusia Indonesia hanya bisa terlaksana kalau guru sejahtera. Negara mana pun maju karena adanya guru," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para guru.

Lebih lanjut Jokowi memaparkan pentingnya pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan.

"Kalau mau mendahulukan membangun infrastruktur dan meningkatkan produktivitas pangan, tapi dengan cara apa kalau kualitas manusianya tidak disiapkan dulu? Kalau kualitas SDM sudah siap maka produktivitas bisa naik dan daya saing akan muncul," ucapnya.

Pilpres 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan kandidat presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.(T.I027/C. Hamdani)