Bupati Muba kenalkan program satu miliar/desa kepada praja IPDN

id bupati muba, kuliah umum, pemkab muba, praja ipdn, kenalkan program satu miliar satudesa

Bupati Muba kenalkan program satu miliar/desa kepada praja IPDN

Bupati Muba H Pahri Azhari memberikan kuliah umum kepada praja IPDN Jatinangor, Jabar. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Program 1 Miliar 1 Desa yang pada 2014 ini ditetapkan menjadi program pemerintah secara nasional, memiliki peran yang cukup besar dalam mendorong pembangunan di desa-desa...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, memperkenalkan program percepatan pembangunan desa yang kini dikenal dengan "Program 1 Miliar 1 Desa" kepada praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Jawa Barat.

"Pengenalan program yang dimulai sejak tahun 2013 itu dilakukan Bupati Musi Banyuasin, Pahri Azhari, ketika memberikan kuliah umum kepada ribuan praja IPDN di Kampus Jatinangor, Selasa (24/6)," kata Kabag Humas Setda Musi Banyuasin, Dicky Meiriando, kepada Antara di Palembang, Rabu.

Dalam kuliah umum dengan tema Implementasi Kebijakan Pembangunan Desa/Kelurahan Solusi Indonesia Sejahtera itu, disaksikan juga oleh Rektor IPDN DR Suhanjar Diantoro dan jajarannya, katanya.

Dia menjelaskan, Bupati Pahri Azhari yang merupakan penerima Bintang Kehormatan Pamong Praja dari Rektor IPDN pada 2009 itu, diminta untuk memberikan kuliah umum terkait kebijakan "Program 1 Miliar 1 Desa" yang mulai diberlakukan sejak tahun lalu.

"Program 1 Miliar 1 Desa yang pada 2014 ini ditetapkan menjadi program pemerintah secara nasional, memiliki peran yang cukup besar dalam mendorong pembangunan di desa-desa dalam wilayah Kabupaten Muba, sehingga ke depan akan terus ditingkatkan kualitasnya," ujarnya.

Program percepatan pembanguan desa yang telah berjalan dengan baik dalam setahun terakhir ini merupakan komitmen Pemkab Muba untuk memeratakan pembangunan di Bumi Serasan Sekate serta merupakan solusi tepat dan cepat untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Pahri Azhari bersama wakilnya Beni Hernedi setelah dilantik sebagai Bupati Musi Banyuasin, pada 16 Januari 2012, meluncurkan "Program 1 Miliar 1 Desa" pada November 2013 sebagai bukti menunaikan janji politiknya pada kampanye pemilihan kepala daerah.

Program yang diungkapkan dalam kampanye bukan hanya janji-janji politik saja, melainkan harus ditepati dan dilaksanakan dengan baik guna mewujudkan kehidupan masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin yang lebih makmur dan sejahtera.

"Program 1 Miliar 1 Desa" merupakan program unggulan Kabupaten Muba yang saat ini merupakan satu-satunya daerah di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu melaksanakan program tersebut, kata Dicky.