32 Kereta Api tambahan disiapkan untuk lebaran

id kai, kereta api tambahan lebaran

32 Kereta Api tambahan disiapkan untuk lebaran

Ilustrasi - Kereta Api (FOTO ANTARA)

Surabaya (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 32 unit kereta api tambahan eksekutif, bisnis dan ekonomi akan disiapkan untuk mengangkut arus pemudik Lebaran 2014, disamping sudah ada 293 kereta reguler dalam upaya mengurangi beban angkutan jalan raya.

"Kapasitas kereta api akan kita tambah untuk melayani penumpang yang meningkat saat Lebaran," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Hanggoro Budi Wiryawan dalam Lokakarya wartawan Perhubungan di Surabaya, Senin.

Menurutnya, kereta api saat ini masih merupakan transportasi favorit bagi masyarakat saat mudik sehingga jumlah kereta api yang diberangkatkan akan ditambah.

Sejumlah alasan masyarakat masih memilih kereta api utuk mudik antara lain lebih murah, nyaman, serta tingkat keselamatan tinggi.

Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah penumpang yang menggunakan sarana kereta api Lebaran 2014 mencapai 4,48 juta orang naik 3,1 persen dibanding tahun sebelumnya 4,35 juta orang.

Untuk memperlancar angkutan kereta api selama Lebaran 2014, telah disiapkan 416 lokomotif dan 1.555 gerbong penumpang yang siap dipergunakan

Selain menambah kereta penumpang, PT Kereta Api juga sudah menyiapkan dua kereta api yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor baik kereta jalur utara maupun selatan.

"Langkah itu semua dilakukan untuk mengurangi beban jalan raya yang juga kian padat dan menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas," katanya.

Sampai saat ini, Hanggoro memastikan persiapan kereta api untuk mengangkut arus mudik dan balik dalam posisi siap.

Terkait dengan sudah selesainya jalur ganda lintas utara, dia mengatakan hal tersebut cukup membantu kelancaran perjalanan kereta api sehingga bisa lebih cepat.