Kejati targetkan bongkar seluruh kasus korupsi di Sumsel

id korupsi, kejati sumsel

Kejati targetkan bongkar seluruh kasus korupsi di Sumsel

Ilustrasi - Korupsi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Kejaksaan Tinggi, Sumatera Selatan menargetkan membongkar kasus tindak korupsi di seluruh kabupaten/kota di wilayah itu, karena menggerogoti uang negara keperluan pembangunan fasilitas rakyat, di wilayah perkotaan maupun di pedesaan.

"Uang hasil curian itu dinikmati pelaku secara pribadi bersama keluarga dan kroninya, sehingga menghambat pembangunan secara merata di wilayah Sumatera Selatan," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Ajimbar, Minggu.

Saat berkunjung ke wilayah Musirawas dan Kota Lubuklinggau, Kamis (19/6) ia menginstruksikan ke jajaran Kejaksaan Negeri setempat untuk membongkar kasus dugaan korupsi di tiga wilayah yakni Kabupaten Musirawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas Utara.

"Kami banyak mendapat laporan bahwa praktik korupsi berjamaah di wilayah itu makin meningkat, baik dilakukan oknum birokrasi maupun pelaku swasta yakni mitra kerja pemerintah daerah seperti kontraktor dan lainnya," tandasnya.

Ia menyoroti pengerjaan jalan maupun pembangunan perkantoran yang tengah berjalan sekarang ini, ada di antaranya terhenti akibat kehabisan dana padahal dana anggaran pembangunan itu mestinya sudah dianggarkan pada perencanaan tahun sebelumnya.

"Kita mengharapkan penanganan kasus korupsi itu tidak tebang pilih utuk memproses pejabat yang menggerogoti uang negara termasuk mitra kerjanya kontraktor semua disikat untuk dipenjarakan,` tandasnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau Kuntadi mengatakan sudah menyelesaikan puluhan kasus korupsi dalam satu tahun terakhir antara lain tiga pimpinan bank menjadi tersangka diduga melakukan korupsi dana kelompok tani.

"Kami akan menghimpun masukan data tindak pidana korupsi baik dari masyarakat, wartawan maupun Lembaga Swadaya Masyarakat lainnya, sehingga membuat efek jera terhadap pelaku korupsi dari berbagai proyek di tiga kabupaten/kota di wilayah itu, tandasnya.