Bawaslu Sumsel diapkan 9.666 PPL untuk Pilpres

id bawaslu, media gathering

Bawaslu Sumsel diapkan 9.666 PPL untuk Pilpres

Bawaslu Sumsel selenggarakan media gathering Pilpres 2014 di Palembang (Foto: antarasumsel.com/14/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilu Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 9.666 petugas pengawas pemilu lapangan untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli mendatang di provinsi itu.

"Kami menyiapkan sebanyak 9.666 orang petugas pengawas pemilu (PPL) di Sumsel pada Pemilu Presiden," kata Ketua Bawaslu Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya saat membuka media gathering mengenai peran media dalam partisipasi pengawas Pilpres 2014 untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas di Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk satu orang PPL nantinya akan mengawasi dua tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilpres 9 Juli mendatang.

Jumlah TPS di Sumsel pada Pemilu Presiden nanti sebanyak 16.361 unit yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di provinsi itu, katanya.

Ia mengatakan, untuk PPL Pemilu Presiden itu sudah ada Surat Keputusan kembali pada awal Juni 2014.

Para PPL itu bekerja mulai Juni, Juli dan Agustus 2014, sedangkan pada September akan dilihat kembali apakah masih ada pekerjaan atau sudah selesai, ujarnya.

Ia menuturkan, untuk pengawasan yang dilakukan setiap tingkatan pengawas Pemilu yakni di hulu, tengah dan hilir dimana ada dua metode yakni pencegahan dan tindakan.

Pada Pemilu Presiden nanti di Sumsel jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 5.865.025 orang yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.