Soal SBMPTN mendapat pengamanan ketat

id soal ujian, soal sbmptn

Soal SBMPTN mendapat pengamanan ketat

Ilustrasi -Soal Ujian (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Pokja Sekretariat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Bambang Hermanto mengatakan soal seleksi akan mendapat pengamanan ketat untuk mencegah kebocoran.

"Petugas baru akan mengambil soal pukul 04.00 pagi di panitia lokal. Soal itu dijaga ketat oleh pertugas keamanan," ujar Bambang di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, pihaknya melibatkan pihak kepolisian dalam proses pendistribusian soal.

"Kemungkinan bocor sangat kecil," kata dia.

SBMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi melalui ujian tertulis. Ujian tertulis tersebut akan diikuti 664.509 peserta, yang terdiri dari kelompok ujian saintek sebanyak 240.278 peserta, kelompok ujian soshum sebanyak 258.035 peserta, dan kelompok ujian campuran sebanyak 166.196 peserta.

"Mereka akan memperebutkan kuota 86.000 kursi."
Sebanyak 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ikut dalam SBMPTN yang terdiri dari 54 PTN dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 9 PTN dibawah Kementerian Agama.

PTN yang paling diminati dalam SBMPTN kali ini berturut-turut adalah Universitas Padjadjaran (78.535 peserta), Universitas Sumatera Utara (73.718 peserta), Universitas Hasanuddin (72.144), Universitas Gadjahmada (71.191), dan Universitas Brawijaya (71.060 peserta).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, SBMPTN 2014 hanya berlangsung selama satu hari. Padahal sebelumnya ujian digelar selama dua hari.

Untuk jadwal ujian keterampilan menyesuaikan dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana ujian keterampilan SBMPTN 2014, saat peserta melakukan pendaftaran ulang.

Materi ujian yang diujikan yakni Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum).

Namun jumlah soal yang diberikan dikurangi. Misalkan jumlah soal seluruhnya seharusnya 150 soal, akan dikurangi menjadi 120 soal.