Bulog: stok raskin OKU aman jelang Ramadhan

id raskin, stok raskin

Bulog: stok raskin OKU aman jelang Ramadhan

Stok beras untuk keluarga miskin (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan Meyzarani memastikan stok beras untuk keluarga miskin aman menjelang Ramadhan bahkan hingga akhir 2014.

"Kami segera mendistribusikan beras untuk keluarga miskin (Raskin) menjelang Ramadhan 2014," kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Ogan Komering Ulu (OKU) Meyzarani di Baturaja, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini hampir semua kecamatan di wilayah itu sudah melakukan penebusan Raskin di kantor Bulog.

"Memang ada beberapa kecamatan yang belum menyetor, namun mereka sudah memesan raskin tersebut untuk didistribusikan" jelasnya.

Menurut dia, Bulog OKU pada 2014 mendistribusikan raskin sebanyak 5.404 ton yang disalurkan kepada 61.930 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ada di OKU induk, OKU Timur dan OKU Selatan.

"Kita mendistribusikan raskin di tiga kabupaten dengan total 5.404 ton yang dibagikan masing-masing 13.670 RTS di Kabupaten OKU, 30.237 RTS di Kabupaten OKU Timur dan 18.023 RTS dibagikan ke OKU Selatan" katanya.

Ia menjamin, kualitas raskin yang akan didistribusikan ke masyarakat akan semakin baik dibanding sebelumnya, karena pihaknya berkomitmen untuk lebih meningkatkan pelayanan dengan menjaga mutu dan kualitas beras akan disalurkan.

"Kalau soal kualitas raskin tak perlu diragukan, kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan penyortiran sebelum didistribusikan. Jika memang nanti masih ditemukan adanya beras yang kualitasnya kurang bagus, maka masyarakat bisa menukar karena itu bukanlah kesengajaan pihak kita" tegasnya.

Mayzarani menambahkan untuk harga eceran tertinggi (HET) Raskin masih Rp1.600 per kilogram sampai ke titik distribusi.

"Jika memang ada harga yang melebihi maka itu bukanlah dari Bulog, namun kebijaksanaan dari pihak penerima karena kita mendistribusikan raskin hanya sampai ke tingkat kecamatan saja" ujarnya.