Penataan pelabuhan Boom Baru Palembang terus berlangsung

id pelabuhan, pelabuhan boom baru, penataan pelabuhan, pembenahan, bom baru, bongkar muat

Penataan pelabuhan Boom Baru Palembang terus berlangsung

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Penataan pelabuhan dengan memanfaatkan lahan yang ada hingga kini terus berlangsung, karena pengerjaannya harus dilakukan secara bertahap dengan sistem membongkar bangunan yang tidak perlu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Penataan pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghadapi peningkatan permintaan pelayanan jasa kepelabuhan di daerah ini terus berlangsung.

"Penataan pelabuhan dengan memanfaatkan lahan yang ada hingga kini terus berlangsung, karena pengerjaannya harus dilakukan secara bertahap dengan sistem membongkar bangunan yang tidak perlu dan menggantinya dengan yang baru," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska Riana S, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya berupaya melakukan penataan bangunan dan pembenahan peralatan pendukung agar tetap berfungsi secara maksimal melakukan pelayanan jasa kepelabuhan atau bongkar muat barang dari dalam maupun luar negeri.

"Untuk melakukan penataan dan pembenahan pelabuhan yang beroperasi di Sungai Musi itu, sekarang ini kembali disiapkan beberapa proyek seperti perluasan dermaga, pembangunan pergudangan baru, dan perggantian peralatan bongkar muat baik di dermaga peti kemas maupun dermaga konvensional," ujarnya.

Menurut dia, guna memperluas dermaga dan membangun pergudangan baru sekarang ini sudah disiapkan beberapa lahan yang diperoleh dari melakukan relokasi beberapa gedung perkantoran mitra PT Pelindo yang ada di kawasan pelabuhan.

Kegiatan relokasi gedung perkantoran yang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir itu, berjalan dengan baik karena sesuai perjanjian masing-masing mitra bersedia pindah keluar area pelabuhan kapanpun PT Pelindo membutuhkan lahan yang dipinjamkan kepada mereka untuk pengembangan pelabuhan Boom Baru.

Melalui pembenahan tersebut, diharapkan pelabuhan di kawasan Sungai Musi Palembang itu bisa tetap diandalkan masyarakat Sumsel sebagai pintu gerbang keluarnya hasil bumi mereka dan masuknya berbagai barang kebutuhan hidup sehari-hari.

Selain melakukan penataan bangunan dan pembenahan fasilitas pendukung pelayanan jasa kepelabuhan untuk menjaga pelabuhan tersebut terus berfungsi secara maksimal, pihaknya juga berpartisipasi memelihara alur pelayaran agar tidak mengalami pendangkalan, kada Fransiska.