Sucai tewas mengenaskan di Lapas Narkoba Palembang

id lapas, lapas narkoba merah mata

Sucai tewas mengenaskan di Lapas Narkoba Palembang

Ilustrasi - Lapas Narkotika (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Narapidana maupun petugas Lembaga Pemasyarakatan Merah Mata Palembang, khususnya warga binaan di Blok Narkotika, Selasa pukul 07.00 WIB mendadak gempar, karena salah satu penghuninya Sucai (44) tewas mengenaskan kondisi mulut berbusa.

Belum diketahui pasti penyebab kematian Widi Handoyo alias Sucai yang memiliki jaringan narkoba internasional tersebut, namun kuat dugaan karena overdosis obat-obatan terlarang.

Sucai menghembuskan nafas terakhirnya dalam perjalanan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Merah Mata, menuju RS Pusri, Palembang. Mayat Sucai yang sudah dimasukkan dalam peti jenazah itu baru dibawa pulang keluarganya, sekitar pukul 18.00 WIB.

Menurut Staf Humas PT Pusri Palembang, Taufik, belum diketahui penyebab korban meninggal dunia.

Saat sampai di rumah sakit dua orang dokter langsung melakukan penanganan medis dan diperkirakan yang bersangkutan meninggal dunia dalam perjalanan, ujar Taufik.

Pernyataan senada juga disampaikan Kapolsekta Sako AKP Oloan Purba bahwa kalau terpidana yang menjalani hukuman selama 10 tahun lebih ini, belum diketahui apakah tewasnya karena sakit atau overdosis.

"Sementara ini kita belum dapat memastikan, apakah benar terpidana ini tewas karena sakit atau akibat overdosis narkotika. Kita juga masih menunggu hasil visum dokter yang bertugas di RS Pusri ini," tegasnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sumsel Subiyantoro mengatakan, saat kejadian salah satu petugas Lapas Merah Mata mendapatkan laporan dari warga binaan lain yang mengaku bahwa Sucai tergeletak tak berdaya dengan kondisi mulutnya mengeluarkan busa, dan harus segera mungkin dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Kita belum tahu pasti penyebab kematiannya, kita akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu, dan memintai keterangan dari teman-teman se-kamar Sucai di Lapas Merah Mata," tegas Subiyantoro.(KR-NE*M033)