Gubernur Sumsel sebagai "Raja" pada Festival Sriwijaya

id festival, festival sriwijaya

Gubernur Sumsel sebagai "Raja" pada Festival Sriwijaya

Festival Sriwijaya (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan diperankan sebagai Raja Kerajaan Sriwijaya pada Festival Sriwijaya XXII di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Karang Anyar Palembang pada 16 - 21 Juni 2014.

Hal ini karena dalam Festival Sriwijaya itu gubernur berperan sebagai raja dari Kerajaan Sriwijaya, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Ahmad Najib kepada wartawan usai rapat persiapan Festival Sriwijaya di Palembang, Selasa.

Nantinya gubernur naik di atas kapal Kerajaan Sriwijaya yang akan melalui sungai khusus berada di Taman Purbakala Kerjaan Sriwijaya.

Berperannya Gubernur Sumsel sebagai raja Kerajaan Sriwijaya dalam festival itu untuk membangkitkan semangat generasi penerus akan sejarah.

Sriwijaya merupakan kerajaan maritim dan pernah jaya sehingga festival itu harus menampilkan kembali melalui drama yang menggambarkan kejayaan Sriwijaya.

Bukan itu saja tetapi Sumsel pernah berjaya sebagai daerah perdagangan antar negara sehingga melalui festival tersebut untuk mengingatkan kembali akan sejarah.

Apalagi sekarang ini generasi penerus sudah banyak melupakan sejarah sehingga gambaran kejayaan Kerajaan Sriwijaya itu harus ditampilkan kembali melalui pertunjukan.

Sehubungan itu pihaknya memilih lokasi festival di Taman Purbakala Kerjaan Sriwijaya Karang Anyar Palembang, ujar dia.

Festival itu nantinya diikuti utusan negara tetangga serta provinsi yang ada di Indonesia sehingga nantinya akan semakin meriah.

Selain itu peserta festival akan diajak untuk mengunjungi tempat pembuatan kerajinan khas daerah termasuk makanan yang ada di Sumsel.

Ketika ditanya mengenai persiapan sendiri, dia mengatakan, semua telah rampung dan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan gladi persiapan pelaksanaan.

Semuanya sudah siap termasuk fasilitas pendukung seperti jalan menuju lokasi tersebut telah dibenahi, tambah dia.

Dalam festival itu akan hadir Menteri Kebudayaan dan Pariwisata serta pejabat lainnya.