Menteri BUMN minta perusahaan percepat bayar THR

id rel ganda, pembangunan rel ganda

Menteri BUMN minta perusahaan percepat bayar THR

Menteri BUMN Dahlan Iskan usai meresmikan rel kereta api ganda di Sumsel yang dipusatkan di Stasiun Kertapati Palembang, Senin (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri BUMN Dahlan Iskan minta kepada perusahaan swasta termasuk milik pemerintah untuk mempercepat membayar Tunjangan Hari Raya kepada karyawan.

"Jika perlu tunjangan hari raya (THR) dibayar dua minggu sebelum lebaran," kata Menteri Dahlan Iskan kepada wartawan usai meresmikan rel kereta api (KA) ganda dan stasiun KA baru di Sumsel yang dipusatkan di Stasiun Kertapati Palembang, Senin.

Ia mengatakan, percepatan pembayaran THR itu antara lain untuk mengantisipasi mudik lebaran agar tidak menumpuk terutama waktu yang berdekatan dengan Idul Fitri.

Selama ini penumpang mulai ramai mudik setelah mereka mendapatkan THR yang dibayar sudah dekat dengan lebaran.

Itu berdasarkan pengalaman selama ini karena karyawan umumnya baru akan mudik setelah mendapatkan THR, ujar dia.

Jadi dibayar dengan segera maka karyawan bisa mudik ke kampung halaman lebih cepat sehingga dapat mengurangi penumpukan saat menjelang lebaran.

Memang, lanjut dia, khusus untuk angkutan kereta api pihaknya mempermudah dalam memberikan pelayanan.

Hal ini karena pemesanan tiket bisa menggunakan telepon genggam dan mini market karena tersedia melalui online, kata dia.

Jadi antri pembelian tiket sudah dapat dihindari sehingga pelayanan khusus untuk angkutan penumpang kereta api sudah dimaksimalkan.

Sementara Dirut PT Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan mengatakan, dalam lebaran 2014 ini pihaknya akan menambah gerbong untuk mengangkut penumpang yang akan mudik.

Mengenai peningkatan arus mudik sendiri umumnya dua atau tiga hari sebelum lebaran, tambah dia