Pesawat Kepresidenan singgah di Bandara Palembang

id pesawat kepresidenan, singgah di bandara palembang

Pesawat Kepresidenan singgah di Bandara Palembang

Pesawat Kepresidenan RI singgah di Bandara Palembang, Senin (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pesawat Kepresidenan terbaru Republik Indonesia Boeing 737 seri 800 singgah sejenak di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Senin pagi.

Kedatangan pesawat Kepresidenan RI tersebut dalam rangka latihan navigasi dan perawatan pesawat.

Peswat yang diterbangkan pilot Letkol (Pnb) Dodi dan Co Pilot Kapten Irwanda itu mendarat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin Palembang pukul 07.57 Wib dan lepas landas kembali pada pukul 08.42 Wib.

Kepala Dinas Operasi Base Ops Palembang Mayor Psk Wisnu Budhi Saputro menjelaskan rombongan pesawat Boeing 737 seri 800 itu membawa 15 kru termasuk enam pramugari.

"Rombongan berhenti di sini untuk cek mesin dan istirahat," katanya.

Danlanud Palembang Letkol Pnb Sapuan menambahkan latihan navigasi artinya mengecek rute yang suatu saat nanti akan digunakan untuk mendarat pesawat RI 1.

Pengecekan juga meliputi landasan dan fasilitas seperti apron, ground support dan keamanan.

Latihan navigasi juga ditujukan untuk melatih kemampuan pilot dan co pilot menjajal pesawat super mewah yang nantinya akan digunakan untuk perjalanan dinas kepresidenan.

Selain Bandara Palembang, pesawat tersebut juga singgah ke Lanud Rusmin Nuryadi Pekanbaru, Lanud Kuala Namu Medan, dan Lanud Minangkabau Padang.

Pantauan Antara, kehadiran pesawat mewah kepresidenan itu ternyata juga mendapat perhatian warga yang sedang berada di bandara.

Para warga pengantar dan penjemput serta para penumpang sebagian menyempatkan diri menyaksikan dari kejauhan keberadaan pesawat kepresidenan RI tersebut.