Polresta Palembang siapkan 1.203 personel pengamanan Pilpres

id polresta, polresta palembang

Polresta Palembang siapkan 1.203 personel pengamanan Pilpres

Polresta Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Polresta Palembang menyiapkan kekuatan sebanyak 1.203 orang personel guna mengamankan tahapan dan pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli mendatang.

"Polresta Palembang kekuatannya 1.203 orang personel untuk Pemilu Presiden," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta setempat Kompol Suyanto ketika ditanya mengenai pengamanan pada Pilpres, Selasa.

Menurut dia, selain itu juga dibantu dari Polda Sumsel yakni satu kompi brimob, satu kompi pengendalian masyarakat dan satu pleton anti anarkis.

"Pada 4 Juni 2014 sudah mulai kampanye Pilpres dan mereka langsung terjun ke lapangan melakukan pengamanan," katanya.

Ia mengatakan, pola pengamanan yang dilakukan pada Pilpres ini sebagian besar sama dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April lalu.

Hanya saja, lanjutnya, khusus untuk pengamanan pada saat pemungutan suara ada perubahan, karena Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilpres berkurang dari Pemilu Legislatif lalu.

Jadi, untuk pengamanan pada pelaksanaan pemungutan suara nanti untuk dua orang polisi mengamankan lima TPS dibantu 10 petugas perlindungan masyarakat, ujarnya.

Sementara mengenai apakah tim sukses pada Pilpres juga mendapatkan pengamanan, ia menyatakan, saat ini untuk tim sukses masih berkembang terus dan didata, kalau sudah lengkap datanya juga dilakukan pengamanan.

Pengamanan itu dilaksanakan sampai dilakukan rekapitulasi perolehan suara di tingkat KPU Provinsi Sumsel, katanya.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.