Sumsel sambut baik program BPJS

id bpjs, program bpjs

Sumsel sambut baik program BPJS

Program BPJS kesehatan regional III Palembang (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyambut baik peluncuran program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata.

Sekretaris Daearah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman usai pertemuan dengan Komisi IX DPR RI di Palembang, Senin mengatakan, BPJS cukup baik karena selain berlaku secara nasional juga akan didanai melalui APBN sehingga pelaksanaannya dapat merata.

Di Sumsel sekarang ini selain mulai diperlakukan jasa BPJS kesehatan, juga sudah ada program berobat gratis yang dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan cuma-cuma di rumah sakit ataupun di puskesmas.

Mengenai keharusan semua daerah menerapkan program BPJS, dia mengatakan,pemprov akan melaksanakannya secara bertahap.

Nantinya, lanjut dia, setelah diterapkannya BPJS kesehatan pada 2016 maka dana dari APBD akan diprioritaskan untuk menambah fasilitas seperti rumah sakit dan peralatan kesehatan lainya.

Ini berarti mutu berobat gratis akan meningkat karena fasilitas pendukung kesehatan akan lebih baik.

Anggota Komisi IX DPR RI Surya Chandra Surapaty kepada wartawan mengatakan, program BPJS akan diterapkan di seluruh Indonesia pada 2016.

Sehubungan itu pihaknya terus melaksanakan sosialisasi termasuk melihat kesiapaan daerah dalam penerapan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.